Connect with us

    Politik

    Penyebab Kulit Kepala Gatal dan Cara Ampuh untuk Mengatasinya

    Published

    on

    Kenapa Kulit Kepala Gatal

    IndoJurnal – Kulit kepala yang gatal adalah masalah yang umum dialami oleh banyak orang. Gatalnya kulit kepala dapat sangat mengganggu dan mengganggu kenyamanan sehari-hari.

    Simak artikel berikut ini untuk mengetahui berbagai penyebab kulit gatal dan cara mengatasinya.

    Kenapa Kulit Kepala Gatal? Ini Alasannya

    Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kepala gatal. Beberapa di antaranya adalah kondisi kulit yang kering, dermatitis seboroik, hingga kutu rambut. Berikut ini penjelasannya untuk menjawab pertanyaan kenapa kulit kepala gatal.

    1. Kulit Kering

    Salah satu penyebab paling umum dari gatal kepala adalah kulit yang kering. Kulit kepala yang kering bisa disebabkan oleh penggunaan shampo yang terlalu keras, terlalu sering mencuci rambut, atau cuaca yang dingin dan kering.

    2. Dermatitis Seboroik

    Ini adalah kondisi kulit yang seringkali menjadi penyebab gatal kulit kepala. Dermatitis seboroik dapat membuat kulit kepala mengelupas dan merah, dan dapat menjadi lebih buruk jika terpapar cuaca yang dingin atau stres.

    Advertisement

    3. Kutu Rambut

    Infeksi kutu rambut adalah penyebab umum gatal kulit pada anak-anak. Kutu rambut adalah parasit kecil yang hidup di kulit kepala dan mengisap darah. Keberadaan kutu ini menyebabkan gatal dan iritasi.

    Oleh karena itu, kamu harus mulai waspada ketika anak terlihat sering menggaruk-garuk kepala dan merasa tidak nyaman karena kulit kepala gatal.

    4. Psoriasis

    Psoriasis adalah kondisi kulit kronis yang dapat memengaruhi kulit kepala. Gejalanya termasuk kulit yang kering, gatal, dan plak-plak merah yang terasa tebal. Hal ini juga mungkin membuat kamu merasakan kulit kepala gatal.

    BACA JUGA :  Penting! 7 Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat yang Aman

    5. Alergi

    Beberapa orang mungkin alergi terhadap bahan-bahan dalam produk perawatan rambut seperti sampo, kondisioner, atau pewarna rambut. Alergi ini juga dapat menyebabkan gatal kulit.

    6. Infeksi Jamur

    Infeksi jamur seperti tinea capitis bisa menyebabkan gatal kulit. Jamur ini dapat menyebar antarindividu melalui kontak langsung atau dengan menggunakan barang-barang yang sama seperti sisir atau topi.

    Advertisement

    7. Stres dan Gangguan Kecemasan

    Stres dan gangguan kecemasan dapat memengaruhi kesehatan kulit, termasuk kulit kepala. Hal ini berisiko memicu gatal dan memperburuk kondisi seperti dermatitis seboroik.

    Cara Mengatasinya

    Kamu bisa meredakan gatal pada kepala dengan melakukan beberapa langkah sederhana berikut ini. Mungkin selama ini, ada kebiasaan yang jadi alasan kenapa kulit kepala gatal.

    1. Menggunakan Sampo yang Tepat

    Pilih sampo yang cocok dengan jenis kulit kepala kamu. Jika kulit kepala Anda kering, pilih sampo yang melembapkan. Jika kamu memiliki masalah dermatitis seboroik, ada sampo yang dirancang khusus untuk mengatasi kondisi ini.

    2. Tidak Mencuci Rambut Terlalu Sering

    Terlalu sering mencuci rambut dapat menghilangkan minyak alami yang melindungi kulit kepala. Cuci rambut sesuai kebutuhan dan hindari penggunaan sampo yang mengandung bahan kimia keras.

    3. Menghindari Produk Perawatan Rambut yang Mengiritasi

    Kenapa kepala sering merasa gatal? Jenis kulit yang sensitif ternyata juga jadi pemicunya. Jika kamu memiliki kulit sensitif, hindari produk perawatan rambut yang mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi atau alergi.

    Advertisement

    4. Memakai Sisir yang Bersih

    Pastikan untuk membersihkan sisir atau alat-alat perawatan rambut Anda secara teratur untuk menghindari penyebaran infeksi kutu rambut atau jamur.

    BACA JUGA :  Catat, Ini 7 Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat di Kulit

    5. Berkonsultasi dengan Dokter Kulit

    Jika gatal kulit kepala kamu tidak membaik atau jika kamu memiliki masalah kulit kepala yang lebih serius, seperti psoriasis atau infeksi jamur, segera konsultasikan dengan dokter kulit untuk diagnosis yang tepat dan perawatan yang sesuai.

    6. Tidak Menggaruk

    Meskipun gatal, hindari menggaruk kepala kamu. Menggaruk dapat merusak kulit dan menyebabkan infeksi.

    7. Menghindari Stres

    Lakukan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau olahraga untuk mengurangi stres dan kecemasan yang dapat memengaruhi kesehatan kulit kepala.

    Atasi dengan Perawatan Tepat

    Kulit kepala yang gatal bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu. Namun dengan perawatan yang tepat, kamu dapat mengatasi gatal dan mengembalikan kesehatan kulit.

    Jika rasa gatal berlanjut atau menjadi lebih buruk, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk perawatan lebih lanjut.

    Advertisement
    Baca Berita IndoJurnal di Google News

    Trending