Connect with us

    Politik

    Peringati Hari Wafat Soekarno, PDI Perjuangan Yogyakarta Ziarah ke Blitar

    Published

    on

    PDI Perjuangan

    IndoJurnal – Kader DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta yang merupakan anggota dewan terpilih bersama segenap pengurus PAC, ranting dan anggota Badan Penanggulangan Bencana (Baguna), melakukan ziarah ke makam Proklamator RI Soekarno di Kota Blitar, Jawa Timur.

    Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta Eko Suwanto mengemukakan ziarah ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada almarhum.

    Kegiatan ini juga bagian dari mengingat kembali sejarah perjuangan Bung Karno untuk ikut serta menjadikan bangsa ini merdeka dari penjajah.

    “Perjalanan kami ke Perpustakaan Bung Karno, ziarah Bung Karno dan doa bersama. Ini bagian dari hikmah perjuangan Proklamator RI, Bung Karno yang berjuang demi bangsa dan negara memproklamirkan Indonesia merdeka,” kata Eko Suwanto di Blitar, Jumat (21/6/2024).

    Pihaknya meneladani perjuangan Bung Karno sebagai penyemangat.

    Advertisement

    “Sebagai kader, penting untuk menyikapi perjuangan Bung Karno selama ini,” katanya.

    BACA JUGA :  PSS Sleman Datangkan Eks Anak Asuh Shin Tae Yong di Timnas Korea

    Ia menambahkan, sejarah perjuangan kebangsaan Indonesia mencatat bahwa Bung Karno dengan Pancasila 1 Juni 1945 telah memberikan fondasi ideologi bangsa yang penting jadi pedoman bernegara.

    Di bulan Juni, yang kini diperingati sebagai bulan Bung Karno, ada peringatan hari lahir Pancasila, lalu 6 Juni 1901 sebagai hari lahir Ir Soekarno, di Peneleh Surabaya, pada 21 Juni 1970 wafatnya Proklamator lalu dimakamkan di Blitar.

    Ziarah ke makam Proklamator RI di Blitar, tambah dia, menjadi pengingat bagi seluruh kader PDI Perjuangan untuk lebih mementingkan kehidupan berbangsa dan bernegara di atas kepentingan pribadi dan keluarga.

    “Banteng Jogja wajib meneladani apa saja yang telah dikerjakan oleh para pejuang bangsa. Bung Karno yang lebih penting kan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan keluarga,” kata Eko.

    Advertisement

    “Bung Karno sangat berani melawan penindasan dan bersama para pejuang bangsa yang lain bersungguh sungguh berjuang memerdekakan Indonesia. Kami harus meneladani keberanian Bung Karno melawan penindasan, melawan eksploitasi, melawan penjajahan,” terangnya.

    BACA JUGA :  PDI Perjuangan Jadi Oposisi, Ganjar Pranowo Menang Pilpres!

    Dirinya juga berharap rombongan saat berangkat hingga pulang nantinya dalam keadaan sehat dan selamat kembali ke rumah di Yogyakarta.

    Bulan Juni diperingati sebagai bulan Bung Karno. Dalam rangkaian bulan Bung Karno tersebut, Pemerintah Kota Blitar juga menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti doa bersama lintas agama, kenduri bersama, dan berbagai kegiatan lainnya.

    Selain itu, ribuan warga termasuk kader PDIP juga ziarah ke makam Bung Karno. Mereka datang dari berbagai daerah di Indonesia termasuk dari kader PDIP asal Yogyakarta tersebut.

    Baca Berita IndoJurnal di Google News
    Advertisement

    Trending