Connect with us

    Politik

    Perlu Tahu, Ini Biaya Menghilangkan Tahi Lalat di Klinik Kecantikan

    Published

    on

    Biaya Menghilangkan Tahi Lalat di Klinik Kecantikan

    IndoJurnal – Banyak orang yang belum tahu berapa perkiraan biaya menghilangkan tahi lalat di klinik kecantikan. Ini membuat banyak orang jadi ragu untuk melakukan prosedur pengangkatan tahi lalat.

    Bagi sebagian orang, mungkin juga kamu, tahi lalat terasa mengganggu. Apalagi jika tumbuh di daerah wajah, tentunya bisa mengganggu penampilan.

    Biaya operasi tahi lalat tentunya sangat bervariasi. Semuanya tergantung dari teknik pengangkatan dan lokasi dilakukannya operasi.

    Apakah Tahi Lalat Harus Dihilangkan?

    Sebelum melakukan prosedur pengangkatan tahi lalat, kamu perlu tahu dulu apakah tahi lalat tersebut memang mengganggu atau hanya sekadar untuk mempercantik penampilan saja.

    Menurut kedokteran, tahi lalat memang harus dioperasi karena kadang bisa menjadi sebuah kanker.

    Advertisement

    Beberapa ukuran tahi lalat harus diwaspadai jika ukurannya besar dan bentuknya tidak beraturan, terasa gatal, keras, dan berdarah, kulit di sekitarnya juga tampak kering dan bersisik.

    Biaya Menghilangkan Tahi Lalat di Klinik Kecantikan

    Ilustrasi tahi lalat.

    Prosedur Tindakan Operasi Tahi Lalat

    Sebelum dilakukan tindakan operasi, tentunya dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap tahi lalat.

    Ini adalah langkah awal untuk mengetahui apakah tahi lalat tersebut merupakan kanker atau tanda lahir biasa saja.

    Jika dokter sudah mengetahui kondisi dan risiko yang mungkin timbul pasca operasi, maka tindakan akan mungkin dilakukan. Beberapa prosedur tindakan operasi tahi lalat, di antaranya adalah:

    1. Menggunakan Krim Khusus

    Di beberapa kasus, tahi lalat bisa dihilangkan tanpa harus melakukan operasi. Cukup dioleskan krim khusus saja yang nantinya bekerja dengan cara membakar kulit dari dalam.

    Namun, beberapa krim tertentu mengharuskan tahi lalat digores terlebih dahulu agar efeknya lebih maksimal.

    Advertisement

    Prosedur ini cukup sakit dan akan meninggalkan bekas luka dan rentan terhadap infeksi. Sebaiknya pertimbangkan dengan baik.

    BACA JUGA :  Kenali 9 Obat Diet Alami yang Paling Ampuh Turunkan Berat Badan

    2. Pembekuan

    Selanjutnya adalah metode cryotherapy atau pembekuan yang biasa dilakukan oleh dokter kecantikan. Prosedurnya dengan cara menyemprotkan nitrogen cair ke bagian tahi lalat.

    Nantinya tahi lalat akan melepuh dan mengelupas kemudian bekas luka akan sembuh dengan sendirinya. Prosedur ini memerlukan pembiusan lokal karena akan terasa sedikit sakit.

    3. Prosedur Menggunakan Laser

    Menghilangkan tahi lalat di klinik kecantikan menggunakan prosedur laser juga dinilai lebih baik. Hal ini karena akan meninggalkan bekas luka yang tidak banyak.

    Namun, untuk prosedur ini disarankan hanya untuk tahi lalat yang berukuran kecil dan datar saja.

    Advertisement

    Sinar laser nantinya akan ditargetkan kepada pigmen kulit tertentu dan kemudian menguapkannya. Mirip dengan prosedur pembekuan, teknik ini akan sedikit sakit dan memerlukan bius lokal.

    4. Pembakaran

    Prosedur pembakaran dijalankan dengan menggunakan kawat steril yang dialiri aliran listrik. Kawat panas kemudian akan membakar lapisan teratas tahi lalat perlahan-lahan.

    Prosedur pembakaran tidak bisa dilakukan satu kali saja, perlu beberapa kali tindakan agar tahi lalat bisa benar-benar hilang.

    5. Pembedahan

    Prosedur pengangkatan tahi lalat selanjutnya adalah dengan pembedahan. Pembedahan ini menjadi cara yang cukup efektif untuk tahi lalat dengan ukuran besar.

    Tindakan ini harus berada pada pengawasan dokter profesional karena mengharuskan alat medis yang lengkap.

    Advertisement

    Proses penyembuhan setelah pembedahan akan berlangsung 3-7 hari saja. Bekas bedah akan menimbulkan tanda kemerahan dan hilang setelah beberapa bulan.

    6. Eksisi Elips

    Prosedur eksisi elips dapat kamu lakukan jika ada indikasi tahi lalat merupakan kanker. Caranya adalah dengan mencongkel tahi lalat hingga ke akar dan menutup bekas lukanya dengan jahitan.

    Metode ini yang paling efektif, apalagi jika kamu tidak nyaman dengan metode pembedahan dan laser.

    Perawatan Setelah Dilakukan Tindakan Pengangkatan Tahi Lalat

    Setelah prosedur pengangkatan tahi lalat selesai, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

    BACA JUGA :  Gibran Rakabuming Door-to-door Pasang Stiker Ganjar Pranowo

    Bila menggunakan prosedur operasi, maka sebaiknya jangan melakukan gerakan yang berlebihan agar jahitan tidak rusak.  

    Ganti perban jika terkena air dan konsumsi makanan kaya protein, vitamin, dan mineral untuk membantu proses penyembuhan.

    Advertisement

    Untuk menghindari tahi lalat tumbuh lagi, kamu sebaiknya memakai tabir surya dengan SPF 30. Sayangnya, jika tahi lalat tumbuh lagi karena faktor genetik, maka tidak akan bisa kamu cegah.

    Jangan lupa konsultasikan kondisi bekas tindakan ke dokter untuk membantu memantau proses penyembuhan luka. 

    Biaya Menghilangkan Tahi Lalat

    Biaya menghilangkan tahi lalat pada klinik kecantikan bisa bervariasi tergantung dari metode, lokasi, dan pihak-pihak yang melakukan tindakan.

    Estimasi biaya untuk dua kali operasi pada sebuah RSUP adalah sekitar Rp2,7 juta. Biaya ini sudah termasuk konsultasi dokter, kontrol setelah operasi, pemeriksaan darah, prosedur bedah eksisi, dan obat.

    Sementara pada klinik kecantikan, dengan menggunakan metode laser memakan biaya dari Rp1 juta hingga Rp5 juta.

    Advertisement

    Pada klinik kecantikan yang lain, biaya sekitar Rp1,1 juta sudah bisa mendapatkan tindakan, obat, konsultasi dokter dan antibiotik. Klinik kecantikan ternama lainnya memasang tarif sebesar Rp1,570.000 untuk tindakan laser dan antibiotik.

    Apakah kamu tertarik untuk melakukan tindakan pengangkatan tahi lalat sehingga bisa lebih tampil percaya diri?

    Baca Berita IndoJurnal di Google News

    Trending