Connect with us

    Berita

    Presiden Jokowi Bertemu Pimpinan Parpol Koalisi, Tanpa Kehadiran NasDem

    Published

    on

    Presiden Jokowi Bertemu Pimpinan Parpol Koalisi. (Dokumentasi Presiden Joko Widodo)

    IndoJurnal – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan para ketua umum partai politik (parpol) koalisi pemerintah di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Selasa, 2 Mei 2023.

    Bendahara Umum Partai Golkar Dito Ganinduto, saat dihubungi ANTARA di Jakarta, membenarkan rencana pertemuan Presiden Jokowi dengan para ketua umum parpol itu.

    Dito juga memastikan Ketua Umum (Ketum) Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto mengikuti pertemuan tersebut.

    “Iya (di Istana),” kata Dito.

    Tampak sejumlah pimpinan parpol telah tiba di lingkungan Istana.

    Advertisement

    Ketum Golkar Airlangga, Ketum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, Pelaksana tugas Ketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Mardiono, dan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

    Namun yang menarik, tidak adanya perwakilan dari Partai Nasional Demokrat (NasDem). Ketum Surya Paloh tampaknya tidak ikut hadir.

    BACA JUGA: Glory Glory Ganjar Presiden! Bergema Lantang di Halaman Gelora Bung Karno

    Para ketum parpol tersebut masuk kawasan Istana Merdeka melalui pintu yang dekat dengan intu masuk arah Masjid Baitturahim.

    BACA JUGA :  Ingin Bisnis Minuman? Ini 5 Ide Jualan Es yang Paling Laris

    Pertemuan Presiden dan para ketua umum parpol tersebut digelar tertutup.

    Sebelum para ketua umum parpol datang, Sekretaris Kabinet Pramono Anung telah tiba lebih dahulu melalui pintu masuk Wisma Negara.

    Advertisement
    BACA JUGA: Link Download GTA San Andreas APK Terbaru, Main Tambah Seru

    Pertemuan sudah direncanakan

    Informasi mengenai rencana pertemuan Presiden Jokowi dengan pimpinan parpol koalisi pemerintah sebelumnya disampaikan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan pada Rabu, 26 April 2023.

    Zulhas, sapaan akrabnya, mengatakan Presiden Jokowi akan mengundang para ketua umum partai politik koalisi pendukung pemerintah untuk silaturahmi.

    “Mudah-mudahan nanti cari waktu yang tepat, Bapak (Presiden Jokowi) akan mengundang ketua-ketua umum partai untuk silaturahim,” kata Zulhas.

    Dia menyebutkan dalam pertemuan itu bisa saja terdapat pembahasan mengenai wacana koalisi besar atau koalisi kebangsaan menjelang Pemilu 2024.

    BACA JUGA :  Hampir 1 Jam, Syahrul Yasin Limpo Bertemu Presiden Jokowi

    “Nanti kita ketemu dulu,” kata dia.

    Advertisement

    Situasi politik menjelang Pemilu 2024 kian menghangat setelah Partai Demokrasi indonesia Perjuangan (PDIP) mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden.

    BACA JUGA: Seorang Ibu Meninggal usai Melahirkan 5 Anak, Keluarga Cari Pendonor ASI!

    PPP kemudian menyusul memutuskan mengusung Ganjar. Gubernur Jateng itu merupakan salah satu figur politik yang memiliki elektabilitas tinggi dari berbagai survei.

    Selain Ganjar, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga telah dideklarasikan sebagai bakal calon presiden oleh Koalisi Perubahan yang beranggotakan Partai Demokrat, Partai Keadilan Sosial dan NasDem.

    Figur lainnya yang memiliki tingkat elektabilitas tinggi adalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Gerindra saat ini menjalin koalisi dengan PKB.

    Sementara, Partai Golkar, PAN, dan PPP tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu.

    Advertisement

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending