Connect with us

    Berita

    Presiden Jokowi Resmi Lantik Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI

    Published

    on

    Jokowi Lantik Agus Subiyanto

    IndoJurnal – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI, bertempat di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (22/11/2023).

    Dipandu oleh Presiden Jokowi, Jenderal Agus mengucapkan sumpah jabatannya untuk selalu setia kepada UUD 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara.

    “Demi Allah saya bersumpah bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” kata Agus.

    Pelantikan tersebut dilaksanakan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 102/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI.

    Selain itu, kegiatan tersebut juga dirangkai dengan pemberhentian dan pengangkatan Dewan Pertimbangan dan Dewan Pimpinan Pusat Legiun RI oleh Presiden Jokowi.

    Advertisement

    Agenda pelantikan tersebut disaksikan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, serta sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM), di antaranya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

    Turut hadir, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali.

    Sebelumnya, Rapat Paripurna ke-9 DPR RI Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024 di Jakarta, Selasa (21/11), menyetujui Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI, seperti yang diajukan Presiden Joko Widodo kepada DPR.

    Proses uji kelayakan dan kepatutan sebelumnya dilaksanakan oleh Komisi I DPR, Senin (13/11/2023), untuk mendengarkan visi dan misi dari Agus Subiyanto.

    Agus dipilih sebagai calon tunggal panglima TNI untuk menggantikan Yudo Margono yang purnabakti pada 26 November 2023, tepat saat di usianya yang ke-58 tahun.

    Advertisement

    Agus sebelumnya merupakan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) yang dilantik pada 25 Oktober 2023.

    Presiden Jokowi Nilai Jenderal Agus Subiyanto Pilihan Tepat

    Presiden Jokowi mengungkapkan jam terbang Kasad Jenderal TNI Agus Subiyanto saat bertugas di teritorial, di administratif, dan di akademis memenuhi syarat untuk dicalonkan menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang akan pensiun.

    BACA JUGA :  7 Pilihan Sunscreen untuk Kulit Kombinasi, Harga Terjangkau!

    “Pertama, beliau kan Wakasad (Wakil Kepala Staf TNI AD), kemudian menjadi Kasad (Kepala Staf TNI AD). Tetapi kalau melihat jam terbangnya di teritorial, di administratif, di akademis, ini memenuhi semuanya,” kata Jokowi selepas groundbreaking pembangunan Bandara IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Rabu (1/11/2023).

    Ketika ditanya siapa yang akan menggantikan Agus sebagai Kasad, Jokowi mengaku belum membuat keputusan. Ia masih menunggu proses persetujuan Agus menjadi Panglima TNI di DPR.

    “Ya belum, satu-satu. Ini (Panglima TNI) perlu memperoleh persetujuan dari DPR terlebih dahulu, baru setelah ada persetujuan kita berpikir Kasad yang baru,” ujarnya.

    Presiden telah mengirimkan surat presiden (surpres) tentang penunjukan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI kepada DPR RI.

    Advertisement

    “Saya akan mengumumkan calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, nama yang diusulkan oleh Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat,” kata Ketua DPR RI Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (31/10/2023).

    Laksamana TNI Yudo Margono akan memasuki masa pensiun pada 26 November 2023. DPR akan segera menindaklanjuti usul pergantian Panglima TNI tersebut, dengan mekanisme yang ada yaitu melalui tahapan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI.

    Sebelum diajukan sebagai calon Panglima TNI, Agus Subiyanto yang merupakan mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) baru saja dilantik sebagai Kasad yang baru pada pekan lalu atau Rabu (25/10/2023) untuk menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiun.

    Baca Berita IndoJurnal di Google News

    Trending