Connect with us

    Berita

    Presiden Jokowi Undang Khusus Ridwan Kamil ke IKN, Ada Apa?

    Published

    on

    Jokowi Undang Ridwan Kamil

    IndoJurnal – Koordinator Staf Khusus Presiden RI, AAGN Ari Dwipayana, mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) undang khusus mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Rabu (1/11/2023).

    Tujuan Presiden Jokowi mengundang Ridwan Kamil agar bisa memberikan masukan soal pembangunan sesuai kapasitas seorang arsitek.

    “Pak Ridwan Kamil diundang khusus oleh Bapak Presiden untuk melihat langsung progres pembangunan IKN karena Kang Emil adalah seorang arsitek sehingga bisa (memberikan) masukan sesuai keahlian beliau,” kata Ari saat dihubungi dari Jakarta.

    Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil sebelumnya tampak duduk di jajaran depan bersama para menteri kabinet Indonesia Maju, Presiden Jokowi, dan para pejabat daerah saat seremoni groundbreaking Bandara Ibu Kota Nusantara, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

    Kang Emil duduk bersebelahan dengan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono. Kemudian di sebelah Bambang adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Presiden Jokowi.

    Advertisement

    Presiden Jokowi Dijadwalkan Melakukan Sejumlah Groundbreaking

    Presiden Jokowi pada Rabu ini dijadwalkan meninjau dan meletakkan batu pertama pembangunan (groundbreaking) sejumlah proyek infrastruktur di IKN.

    Saat meresmikan groundbreaking Bandara IKN, Jokowi menargetkan bandara itu dapat beroperasi penuh pada 2024.

    “Hari ini kita segera akan melakukan groundbreaking pembangunan Bandar Udara Ibu Kota Nusantara (IKN) yang ditargetkan akan beroperasi penuh pada Desember 2024,” tuturnya.

    Menurut Jokowi, pembangunan Bandara IKN ditargetkan selesai dan sudah dapat digunakan pada Juni 2024, namun resmi operasional pada Desember 2024.

    BACA JUGA :  Ini Kondisi yang Bikin Batal Puasa Saat Ramadan, Apa Saja Ya?

    Kehadiran Bandara IKN, kata Jokowi, sangat penting seiring dengan padatnya kegiatan dan mobilitas orang, begitu juga barang dari dan menuju IKN.

    Selain itu, Presiden Jokowi juga akan meninjau proyek pembangunan jalan tol yang nantinya akan menghubungkan Kota Balikpapan dengan kawasan IKN.

    Advertisement

    Setelah melakukan rangkaian kunjungan kerja, Presiden Jokowi bersama rombongan akan bermalam di kawasan IKN.

    Turut mendampingi Presiden dalam rangkaian kunjungannya yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

    Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pada Selasa (31/10), sudah memeriksa lokasi pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Bandara IKN tersebut berjarak 23 kilometer dari titik 0 IKN.

    Menhub menjelaskan, pembangunan Bandara IKN dilakukan sesuai dengan konsep besar IKN yaitu berorientasi pada alam dan ramah lingkungan.

    Sementara, konsep desain dari bandara memadukan unsur kearifan lokal dengan unsur modern, yang desainnya melibatkan sejumlah arsitek.

    Advertisement

    Bandara IKN dibangun untuk mendukung konektivitas di IKN, serta melayani kepentingan kegiatan pemerintahan di IKN.

    Baca Berita IndoJurnal di Google News

    Trending