Connect with us

    Berita

    Ragam Obat Panu Alami yang Paling Ampuh dan Cepat Hilang

    Published

    on

    Obat Panu Paling Ampuh dan Cepat Hilang

    IndoJurnal – Obat panu paling ampuh dan cepat hilang menjadi dambaan bagi penderita panu. Tapi, tahukah kamu ada obat panu paling mujarab, tetapi alami?

    Panu disebabkan oleh infeksi jamus malassezia furfur. Jamur ini membuat bercak putih muncul di kulit sehingga membuat penderitanya kurang percaya diri. Untuk beberapa kasus, panu juga bisa menimbulkan gatal.

    Saat ini, obat panu sudah bisa kamu beli di minimarket dan apotik. Bentuknya bermacam-macam, ada cairan, salep, krim, hingga tablet.

    Sayangnya, kondisi kulit yang berbeda-beda membuat orang sangat memilih menggunakan obat luar. Sementara obat minum, tidak identik dengan panu.

    Penyebab Infeksi Panu di Kulit

    Mengutip dari Healthline, sebenarnya jamur penyebab panu ini hidup di kulit dan berfungsi melindungi dari infeksi. Jamur ini hidup berdampingan dengan sel tubuh dan saling bersimbiosis mutualisme.

    Advertisement

    Sayangnya, pertumbuhan jamur ini bisa di luar kendali dan berlebihan. Pertumbuhan ini membuatnya memengaruhi pigmentasi.

    Jika dibiarkan, jamur ini bisa menekan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan infeksi. Namun, kondisi ini sangat jarang terjadi.

    Baca Juga: Duet Airlangga Zulhas Menguat, Pengamat Sebut Pilihan Rasional

    Pilihan Obat Panu Alami yang Paling Ampuh

    Nah, untuk kamu penderita panu, kamu bisa juga menyembuhkannya dengan  obat panu alami paling ampuh dan cepat hilang.

    1. Bawang putih

    Bawang putih adalah obat panu paling ampuh. Kamu bisa kupas kulitnya, potong jadi dua, dan oleskan secara teratur tiga kali sehari. Lakukan ini setelah kulit dibersihkan atau setelah mandi. Lakukan ini sampai panu hilang.

    2. Campuran bawa putih dan daun jintan

    Campuran ini berfungsi bagi kamu yang jamurnya sudah menyebar dan ruam putihnya sudah luas. Kamu bisa menghaluskan bawang putih, kemudian campur dengan tumbukan daun jintan.

    Advertisement

    Kamu bisa tambahkan sedikit minyak kelapa. Kemudian oleskan pada kulit yang terkena panu. Lakukan secara teratur 2-3 kali sehari.

    BACA JUGA :  Setan Asli Indonesia Beserta Legenda dan Mitos yang Beredar

    3. Lidah buaya

    Tanaman ini punya sifat antijamur dan antiradang. Selain itu, lidah buaya juga bisa mempercepat penyembuhan kulit rusak.

    Untuk menyembuhkan panu, kamu bisa oleskan gel yang terdapat dalam lidah buaya dengan terlebih dulu mencampurnya dengan minyak atsiri. Ulangi rutin selama dua atau tiga kali sehari.

    4. Kunyit

    Obat panu alami yang telah dipercaya sejak lama ini mengandung antiseptik, antibiotik, dan antijamur. Kamu bisa pakai bubuk kunyit siap pakai atau menghaluskannya sendiri. Campur dengan air agar bisa menjadi seperti pasta.

    Oleskan ke lokasi panu. Diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilang hingga bersih. Lakukan cara ini secara konsisten sampai panu hilang.

    Advertisement

    5. Yogurt

    Yogurt memiliki kandungan probiotik untuk menghambat pertumbuhan jamur. Efeknya tidak akan cepat. Tapi, yogurt bisa membantu menghilangkan panu bila digunakan secara rutin.

    Pilih yogurt polos tanpa rasa dan gula. Oleskan di kulit yang panu. Diamkan selama 20 sampai 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Kamu juga bisa mengonsumsi yogurt setiap hari untuk membunuh ragi dari dalam tubuh.

    Demikianlah deretan obat panu paling ampuh yang bisa kamu aplikasikan pada tubuhmu.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Advertisement

    Trending