Connect with us

    Politik

    Rumit tapi Penting, Begini Cara Buat Aplikasi Keluarga Sehat

    Published

    on

    Aplikasi Keluarga Sehat

    IndoJurnal – Aplikasi Keluarga Sehat merupakan sebuah inovasi terbaru dari Kementerian Kesehatan. Aplikasi ini memiliki tujuan untuk mempermudah proses pendataan keluarga sehingga dapat berlangsung secara terpusat.

    Sebelumnya, aplikasi ini sudah tersedia melalui website resmi Kementerian Kesehatan. Sekarang, telah tersedia versi mobile yang dapat kamu unduh langsung melalui Google Play Store.

    Lalu, apa saja fitur yang ada pada aplikasi Keluarga Sehat dan bagaimana cara menggunakannya?

    Apa Itu Aplikasi Keluarga Sehat?

    Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi dari Kementerian Kesehatan guna mendukung program Pemerintah Indonesia Sehat dengan cara Pendekatan Keluarga atau PIS-PIK. Aplikasi ini sebenarnya sudah ada sejak 2015 dengan nama Prokesga, bertujuan membantu serta mempermudah proses pelayanan dan pendataan pasien yang dilakukan oleh fasilitas kesehatan daerah. Tujuannya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pekerjaan dalam bidang kesehatan. 

    Selain itu, aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan data NIK dan KK dari Disdukcapil, yang memungkinkan proses pendataan akan lebih efektif dan efisien. Tak ketinggalan, aplikasi ini juga mampu memfasilitasi analisis data yang lebih mudah dan mempercepat proses penindaklanjutan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

    Advertisement

    Cara Membuat Akun pada Aplikasi Keluarga Sehat

    Sebelum menggunakan aplikasi ini, kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Prosedur pembuatan akun Keluarga Sehat sangat penting dan cukup rumit. Jadi, lakukan dengan teliti karena perlu adanya koordinasi yang diajukan secara bertahap dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota ke pihak Kemenkes.

    BACA JUGA :  Terjangkau! Biaya Nikah di KUA dan Prosedur Pendaftarannya

    Berikut adalah langkah untuk membuat akun pada aplikasi Keluarga Sehat yang bisa kamu ikuti:

    • Mengajukan permohonan

    Langkah pertama adalah mengajukan permohonan pembuatan akun kepada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. Permohonan ini harus mencakup daftar calon pengelola yang terdiri dari supervisor, administrator Puskesmas, kepala Puskesmas, dan surveyor.

    • Mengirimkan surat permohonan

    Selanjutnya, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota harus mengirimkan surat permohonan resmi kepada Kementerian Kesehatan. Surat ini harus berisikan dengan daftar nama calon pengelola beserta informasi seperti nama lengkap, NIP, NIK, jabatan, nomor HP, dan alamat email.

    Data nama calon pengelola tersebut dikirimkan ke Kemenkes, tepatnya ke Pusat Data dan Informasi (Pusdatin). Bisa juga melalui email ke keluargasehat@kemkes.go.id dengan tembusan ke Dinas Kesehatan Provinsi lebih dahulu sebagai laporan.

    • Verifikasi data

    Langkah selanjutnya dalam membuat akun yaitu verifikasi data oleh Kementerian Kesehatan. Setelah itu, petugas akan membuat akun yang terdiri dari satu akun untuk Dinas Kesehatan Provinsi, satu untuk Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, dan satu untuk administrator Puskesmas. Pembuatan akun ini juga lengkap dengan panduan untuk aktivasi akun.

    BACA JUGA :  Muslimah! Ini 5 OOTD Hijab Simple untuk Hangout Tanpa Ribet
    Baca Juga: Makna Lagu ‘Viva La Vida’ Coldplay, Terinspirasi dari Lukisan
    • Distribusi akun

    Terakhir, pengiriman kembali akun kepada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota pemohon. Lalu, Dinas yang bersangkutan dapat mendistribusikan akun ke Puskesmas terkait agar dapat diaktivasi dan digunakan.

    Dengan mengikuti langkah tadi, kamu bisa dengan mudah membuat akun aplikasi Keluarga Sehat. Pastikan untuk melakukan koordinasi dengan pihak yang berwenang dan mengikuti prosedur yang ada. Semoga bermanfaat!

    Follow Berita IndoJurnal di Google News
    Advertisement

    Trending