Connect with us

    Berita

    Samudra Apa yang Paling Besar di Dunia? Inilah Jawabannya!

    Published

    on

    Samudra Apa yang Paling Besar?

    IndoJurnal – Samudra apa yang paling besar? Hal ini tentu masih sering ditanyakan banyak orang. Pertanyaan ini dilontarkan karena menjadi yang dominan dibandingkan daratan.

    Bumi memang seharusnya disebut sebagai planet air karena 71% permukaan bumi, atau sekitar 361 juta kilometer persegi, merupakan perairan. Berdasarkan Ensiklopedia Kelautan dan Perikanan (Yvonne Idrajati Pattinaja dkk), rata-rata kedalamannya mencapai 3.790 meter.

    Pengertian Samudra

    Jika mengutip dari National Geographic, samudra adalah badan massa dari air asin yang mengcover 71 persen permukaan bumi. Berdasarkan penelitian, para peneliti membaginya menjadi 4 region, yaitu samudra pasifik, atlantik, hindia, dan arktik.

    Seiring perkembangan penelitian, para peneliti kemudian pada 2021 menetapkan yang kelima yaitu Samudra Selatan, mencakup perairan di sekitar Antartika.

    Melihat sejarah terjadinya, hal ini karena fenomena alam yang terjadi pada 4,4 miliar tahun lalu karena bumi mengalami perubahan bentuk akibat letusan gunung api.

    Advertisement

    Kondisi ini membuat bumi terselimuti debu vulkanik. Hal ini menyebabkan cahaya matahari tidak bisa masuk ke bumi. Uap air pun menumpuk, terkondensasi, lalu terjadi hujan. Air hujan ini kemudian memenuhi cekungan di bumi dan jadilah lautan.

    Baca Juga: Makna Lagu ‘Viva La Vida’ Coldplay, Terinspirasi dari Lukisan

    Daftar Urutan Terbesar di Dunia

    1. Samudra Pasifik, Lautan yang Mengagumkan

    Samudra Pasifik memiliki luas 165.250.000 kilometer persegi dan menjadi yang terbesar di dunia. Dalam bahasa Indonesia, Pasifik berarti damai, dan keindahannya yang melimpah serta ketenangannya yang mempesona tidak bisa diabaikan.

    Nama pasifico ini hasil penamaan oleh Fernando de Magelhaens pada 1520. Menurut perkiraan Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) Amerika Serikat, umurnya sekitar 200 juta tahun.

    Wilayah perairannya meliputi sekitar sepertiga permukaan bumi dan menghubungkan berbagai benua. Dari Pulau Paskah yang misterius hingga Kepulauan Hawaii yang eksotis, lautan ini menyimpan kekayaan flora dan fauna yang menakjubkan.

    2. Samudra Atlantik, Jembatan Lintas Benua

    Dengan luas sekitar 106.460.000 kilometer persegi menjadikan samudra ini yang terluas kedua di dunia. Posisinya ada di antara Amerika Utara dan Selatan di sebelah barat, dan Eropa dan Afrika di sebelah timur.

    Advertisement

    Atlantik terkenal karena arus jet yang kuat dan juga menghubungkan berbagai wilayah penting seperti Teluk Meksiko, Laut Karibia, dan Laut Mediterania. Keindahannya ini tercermin dalam Pulau Azores yang megah dan gugusan Karibia yang menggoda.

    Perairan ini menutupi sekitar 20% permukaan bumi dan diperkirakan terbentuk selama Periode Jurassic. Lautan ini juga menjadi rumah bagi berbagai kehidupan laut, seperti penyu, lumba-lumba, dan makhluk lainnya.

    Baca Juga: 5 Idol K-Pop Hiatus tapi Keluar dari Grup, Siapa Saja Mereka?

    3. Samudra Hindia, Pesona Keajaiban Tropis

    Samudra hindia merupakan yang terbesar ketiga dengan luas sekitar 73.556.000 kilometer persegi. Letaknya ada  sebelah timur Afrika.

    Bentangnya dari gugusan Kepulauan Maladewa yang memikat hati hingga Pulau Reunion yang eksotis. Di sini ada terumbu karang spektakuler dan kehidupan bawah laut yang mempesona.

    Samudra Hindia bisa dikatakan merupakan yang terhangat di dunia. Selain itu, lautan ini punya kedalaman rata-rata hingga 12.990 kaki atau 3.960 meter.

    Advertisement

    4. Samudra Antartika (Southern Ocean), Keindahan Baru

    Samudra yang punya luas 20.328.816 kilometer persegi ini awalnya adalah daratan es, sehingga tidak punya batasan yang jelas antar wilayah lainnya.

    Peneliti menetapkan menjadi yang kelima karena lautan ini sudah lama tertutup es sejak dahulu kala. Namun sekarang karena pemanasan global, selimut es di sini semakin membesar.

    Perairan ini merupakan rumah bagi hewan seperti anjing laut, penguin, dan orca.

    Baca Juga: Kota Ende, Saksi Perjuangan Bung Karno dan Lahirnya Pancasila

    5. Samudra Arktik, Keindahan Kutub Utara yang Beku

    Samudra Arktik berluas sekitar14.056.000 kilometer persegi dan terletak di sekitar Kutub Utara. Ekosistem uniknya dan keberadaan hewan seperti beruang kutub, singa laut, dan paus menjadi ciri khas di sini.

    Meskipun ukurannya tidak sebesar lainnya, keindahan Arktik dan peran pentingnya dalam regulasi iklim global telah menjadi bagian penting dari ekosistem alam dunia.

    Advertisement
    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending