Connect with us

    Politik

    Sebelum Memilih Sekolah TK, Orang Tua Wajib Tahu 7 Tips Ini!

    Published

    on

    Memilih Sekolah TK

    IndoJurnal – Memilih sekolah TK (Taman Kanak-Kanak) merupakan langkah penting yang harus diperhatikan orang tua. Gunanya untuk memastikan anak mendapatkan pendidikan awal yang baik serta pengalaman positif.

    Namun sebelum memilih sekolah TK, pastikan dahulu bahwa anak telah memenuhi persyaratan yang diterapkan. Namun salah satu persyaratan utama dan turut diberlakukan oleh pemerintah adalah minimal usia anak.

    Dimana usia minimalnya 4 tahun. Sedangkan rentang usia anak di jenjang TK berkisar antara 4-6 tahun.

    Jika usia anak dibawah itu, biasanya pihak sekolah akan menyarankan agar masuk ke jenjang KB (Kelompok Bermain). Dan pendidikan ini bersifat non-formal.

    Terlepas dari itu, ada beberapa tips memilih sekolah TK yang harus dipahami oleh para orang tua nih, berikut uraiannya:

    Advertisement

    Tips memilih sekolah TK

    1. Lakukan riset tentang sekolah

    Cobalah mencari tahu tentang reputasi, program pendidikan, kurikulum, fasilitas, dan filosofi sekolah yang akan dituju. Caranya bisa dengan mengunjungi situs web resmi, bertanya ke kerabat teman ataupun langsung mendatangi sekolahnya.

    2. Lokasi sekolah

    Pertimbangkanlah kondisi lalu lintas dan waktu perjalanan yang dibutuhkan setiap harinya. Bila anak terlalu lama dalam kemacetan, bisa saja menurunkan semangatnya dalam bersekolah.

    Maka itu sebaiknya pilihlah sekolah dekat rumah. Dengan begitu orang tua dapat menghemat tenaga dan meminimalisir pengeluaran.

    BACA JUGA :  PSSI Berencana Hilangkan TC Jangka Panjang Timnas Indonesia

    Disamping itu, orang tua pun tak perlu khawatir dan menunggu hingga jam pulang sekolah. Melainkan bisa menggunakan waktunya untuk memasak ataupun melakukan aktivitas lain.

    3. Lingkungan kondusif

    Tips memilih sekolah TK selanjutnya adalah memperhatikan aspek lingkungannya. Maksudnya lingkungan yang kondusif, misalnya tidak persis berada di jalan raya, cukup rindang dan minim pedagang di luar sekolah.

    Advertisement

    Selain itu pastikan juga bahwa lingkungan sekolah mempromosikan keamanan, kebersihan dan kenyamanan. Maka orang tua pun akan tenang meninggalkan anaknya selama bersekolah.

    4. Kompetensi guru dan kurikulum

    Guru adalah faktor kunci dalam pengalaman belajar anak di TK. Pastikan guru yang mengajar memiliki kualifikasi memadai dan pengalaman dalam mengajar anak usia dini.

    Perhatikan juga hubungan antara guru dengan anak-anak. Misalnya soal keramahan, kepedulian dan dukungan guru terhadap perkembangan anak secara individu.

    Kemudian menyoal kurikulum, biasanya tiap sekolah telah memiliki dan menerapkannya secara berkala. Orang tua bisa menanyakan langsung kepada pihak sekolah ataupun meminta testimoni dari orang tua lain yang telah menyekolahkan anaknya disitu.

    5. Durasi belajar

    Umumnya anak berusia 4-6 tahun cepat bosan belajar dan cenderung ingin bermain. Oleh karena itu carilah TK dengan rentang waktu belajar yang tidak terlalu panjang.

    Advertisement

    Pilih TK yang memiliki banyak aktivitas menarik dan tidak cepat membuat anak jemu. Dengan begitu kemampuan motorik anak tetap meningkat tanpa harus merasa terbebani.

    BACA JUGA :  Peringati Hari Wafat Soekarno, PDI Perjuangan Yogyakarta Ziarah ke Blitar

    6. Fasilitas sekolah

    Periksa fasilitas yang tersedia. Contohnya ruang kelasnya terang, lapang dan bersih.

    Kemudian pastikan area bermain aman, kebersihan toilet terjaga, fasilitas olahraga hingga perpustakaan dan ruang komputer bila tersedia.

    Baca Juga: Pantai Menganti, Pilihan Sempurna Destinasi Wisata di Kebumen

    7. Biaya pendidikan

    Ketahui nominal uang pangkal dan iuran bulanan di sekolah yang akan dituju. Cari tahu pula kebijakan pembayaran yang diberlakukan oleh pihak sekolah.

    Kendati demikian dalam memilih sekolah TK juga mesti menyesuaikan dengan keuangan orang tua. Jangan memaksakan kehendak untuk menyekolahkan ditempat yang mahal bila belum mampu.

    Advertisement

    Pasalnya usai TK, anak masih harus menempuh banyak jenjang pendidikan. Mulai dari SD, SMP, SMA dan kuliah.

    Semakin tinggi jenjang pendidikan biaya yang diperlukan pun akan kian membesar. Oleh karena itu sebagai orang tua harus tetap bijak dalam memilih sekolah TK.

    Demikian tips memilih sekolah TK yang patut dipahami oleh para orang tua. Semoga membantu!

    Sumber: Kompas.com, Alta School

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending