Connect with us

    Politik

    Sedih! Israel Larang Warga Palestina Ibadah di Masjid Al-Aqsa

    Published

    on

    Warga Palestina

    IndoJurnal, Ramallah – Memasuki bulan Ramadhan, Israel melarang warga Palestina untuk menjalankan ibadah salat Jumat perdana di Masjid Al-Aqsa, Yerusalem pada Jumat (24/3/2023).

    “Israel menyatakan menyediakan fasilitas, kenyataannya ini bohong belaka, yang ada malah pembatasan pergerakan dan pencegahan beribadah,” kata warga Palestina, Abdelaziz Al-As’ad dikutip dari Kantor Berita Anadolu.

    Berkali-kali Al-As’ad berusaha melewati pos pemeriksaan militer Israel di Yerusalem Utara. Bermaksud ke Masjid Al-Aqsa, namun dirinya dilarang masuk oleh para pasukan Israel dengan alasan keamanan.

    Ketika itu dirinya bermaksud untuk menjalankan salat Jumat di Masjid Al-Aqsa. Bahkan fasilitas pengganti pun tidak disediakan oleh pihak Israel, sehingga mereka kesulitan untuk ibadah.

    BACA JUGA: Agar Puasa Tidak Batal, Pahami Rukun Puasa Ramadhan dan Syaratnya

    Advertisement

    Tentara Israel yang berjaga memeriksa kartu tanda penduduk para pengunjung. Mereka melakukan pelarangan kepada warga Palestina yang ingin beribadah di Masjid Al-Aqsa.

    BACA JUGA :  Mudah! Begini Cara Refund Tiket Kereta Api Online dan Offline

    Sejumlah saksi mata bercerita kepada Anadolu terkait penjagaan militer Israel. Pos-pos pemeriksaan didirikan mengarah ke Yerusalem Timur dimana lokasi masjid berada.

    BACA JUGA: Ngeri! WNA di Bali Membuat Kampung Eksklusif di Ubud

    Larangan Selama Bulan Ramadhan

    Melalui keterangan resminya pada Senin (20/3/2023), Israel memang menerapkan larangan selama bulan Ramadhan bagi warga Palestina yang ingin masuk ke Masjid Al-Aqsa.

    “Perempuan segala usia, anak laki-laki sampai usia 12 tahun dan laki-laki di atas 55 tahun diperbolehkan memasuki Masjid Al-Aqsa selama Ramadhan tanpa izin terlebih dahulu,” terang perwakilan Israel, Mayjen Ghassan Alyan.

    Advertisement

    Pembatasan ini dilakukan menyusul ketegangan yang terjadi di Tepi Barat. Dalam beberapa bulan terakhir tentara Israel terus melakukan serangan ke kota-kota di Palestina.

    BACA JUGA: 6 Manfaat Kurma, Si Hitam Manis yang Menyehatkan

    Menurut data yang didapat oleh Anadolu sekitar 90 warga Palestina meninggal dunia akibat serangan tentara Israel. Sementara di pihak Israel, sebanyak 14 orang tewas.

    BACA JUGA :  Zara, H&M dan Executive Tawarkan Diskon Menarik Selama Ramadhan

    Akibat serangan dari Israel, kini warga Palestina tidak leluasa untuk melakukan ibadah di bulan Ramadhan. Mereka dilarang ke Masjid Al-Aqsa yang menjadi salah satu simbol umat Islam di Palestina. (IndoJurnal/Vitalis Yogi Trisna)

    Advertisement

    Trending