Connect with us

    Berita

    Sejarah Persija Jakarta, Kisah Sukses itu Bernama Sofyan Hadi

    Published

    on

    Sejarah Persija Jakarta

    IndoJurnal – Bicara pelatih Persija Jakarta tersukses jangan lepas pandangan ke Sofyan Hadi. Ia adalah pelatih sukses Persija.

    Sofyan Hadi lahir di Tabanan 17 April 1951. Meski lahir di Pulau Bali, Sofyan Hadi merupakan orang Betawi yang leluhurnya bermigrasi ke Bali.

    Ia merupakan mantan pemain Persija yang ngetop di era 1970an. Sofyan mengawali karier di Persija lewat klub internal, PS Jayakarta.

    Bermain di Jayakarta, bakat Sofyan Hadi dilirik tim senior Persija. Ia masuk ke skuad juara 1973, 1975, dan 1979.

    Tahun 1979 adalah tahun spesial bagi Sofyan Hadi karena dirinya menjadi kapten tim dan berhasil membawa Macan Kemayoran juara.

    Advertisement
    BACA JUGA: Wow! Aktor Ganteng Korea ini Jadi Inspirasi Dibalik Nama Asli Jennie BLACKPINK

    Sofyan Hadi identik dengan nomor punggung 6 di Persija dan Timnas Indonesia. Selain di Persija, ia juga andalan lini tengah dan belakang Timnas Indonesia.

    Namanya masuk di skuad Timnas Indonesia legendaris, Timnas PSSI Pre-Olympic. Sayang, Indonesia gagal menaklukkan Korea Selatan dan kalah dalam drama adu penalti.

    Setelah mengantarkan Persija juara, Sofyan Hadi memilih menjadi pelatih. Beberapa klub dilatihnya termasuk PSIM Yogyakarta.

    BACA JUGA: Survei Charta Politika: Presiden Jokowi Dukung Prabowo Subianto, Publik Kecewa

    Pulang ke Persija Jakarta

    Pada 2001, Sofyan Hadi bersama Andi Lala menjadi pelatih Persija. Keduanya adalah pemain sukses di Persija karena sama-sama meraih tiga kali juara PSSI.

    Namun, Andi Lala mundur karena torehan buruk Persija di awal musim. Sofyan Hadi yang menjadi pengganti berhasil meramu tim yang berisi pemain menangah menjadi juara.

    Advertisement

    Saat itu, skuad Persija diisi nama-nama beken seperti Bambang Pamungkas, Budi Sudarsono, ataupun Gendut Doni.

    BACA JUGA :  Persebaya Tantang Bali United, Panaskan Mesin!

    Pemain-pemain senior di Persija juga berpengalaman, seperti Budiman, Nur’alim, dan Agus Suprianto.

    Sofyan berhasil meramu perpaduan pemain bintang, muda, senior, dan menengah menjadi tim yang menakutkan di Liga Indonesia 2001.

    BACA JUGA: Sejarah Pelita Jaya, Klub Raya dengan Sederet Bintang Kelas Dunia

    Alhasil, Sofyan berhasil membawa Persija juara setelah menang 3-2 atas PSM Makassar. Gelar ini membuat torehan Sofyan bersama Persija lengkap, karena berhasil membawa Persija juara sebagai pemain dan pelatih.

    Sofyan Hadi juga membuka puasa 32 tahun gelar juara Persija yang terakhir kali didapat pada 1979. Tahun tersebut, Persija juara berkat polesan pelatih Polandia, Marek Janota.

    Advertisement

    Selepas membesut Persija, karier kepelatihannya kurang mengkilap. Sampai akhirnya, pada Maret 2020 Sofyan Hadi meninggal dunia akibat sakit yang dideritanya.

    Kepergiannya menimbulkan duka mendalam bagi keluarga besar Persija. Boleh dibilang, Sofyan Hadi-lah pelatih lokal tersukses hingga saat ini bagi Persija.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending