Connect with us

    Olahraga

    Sentuhan Budaya, Jersey Kerak Telor Persija Muda ala Apparel Ganesha

    Published

    on

    Persija Muda

    IndoJurnal.id – Persija Muda, klub satelit Persija Jakarta pernah memiliki jersey unik dengan menampilkan corak makanan khas Betawi, yakni kerak telor dan selendang mayang.

    Pada 2021, Persija Foundation dan Ganesa Sports meresmikan jersey kendang dan tandang untuk klub berjuluk Macan Muda itu.

    Seragam ini terinspirasi dari hidangan khas Jakarta, dengan desain yang menggambarkan kerak telor untuk seragam kandang dan selendang mayang untuk seragam tandang.

    Peluncuran ini diharapkan dapat mengulang kesuksesan jersey Persija Legend di awal 2021 dan seragam tandang Persija Muda musim 2019.

    Jersey kendang Persija memiliki motif api yang terinspirasi dari Tugu Monumen Nasional (Monas).

    Advertisement

    Desain ini tidak hanya menonjolkan keunikan visual tetapi juga menyampaikan pesan kebanggaan akan warisan budaya Jakarta berbalut warna merah khas Persija.

    Sedangkan untuk jersey tandang, Genesa Sports memilih motif tumpal khas Betawi dengan kombinasi warna putih, pink, dan hijau toska, yang diilhami oleh penganan tradisional Betawi, selendang mayang.

    BACA JUGA :  Timnas Futsal Putri Indonesia Ikuti AFC Women Futsal Cup 2025

    Kombinasi warna ini menciptakan tampilan yang segar dan menarik, sekaligus memperkenalkan kekayaan kuliner Betawi kepada khalayak luas.

    Menariknya, tidak hanya melalui desain jersey, Genesa Sports juga mencuri perhatian di media sosial dengan sesi pemotretan yang tidak biasa.

    Alih-alih menggunakan model profesional, mereka memilih pedagang kerak telor dan selendang mayang sebagai model utama.

    Advertisement

    Langkah ini menjadi bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap para pelaku usaha kecil yang menjaga tradisi kuliner Betawi tetap hidup.

    Keberanian Genesa Sports dalam mengusung konsep antimainstream ini patut diacungi jempol.

    Mereka tidak hanya mempersembahkan produk olahraga, tetapi juga menjadikan jersey sebagai medium untuk menyampaikan cerita dan budaya lokal.

    Melalui kolaborasi dengan Persija Muda, mereka menunjukkan bahwa sepak bola bisa menjadi sarana untuk merayakan dan mempromosikan kekayaan budaya.

    BACA JUGA :  Sunscreen untuk Kulit Berjerawat sebagai Perawatan Esensial

    Kehadiran jersey dengan desain yang terinspirasi dari kerak telor dan selendang mayang tidak hanya membawa nuansa baru dalam dunia sepak bola, tetapi juga menjadi simbol kebanggaan dan identitas Betawi yang kental.

    Advertisement

    Persija Muda dan Genesa Sports menunjukkan melalui inovasi dan penghargaan terhadap budaya, sepak bola dapat menjadi lebih dari sekadar olahraga, tetapi juga sarana untuk menyatukan dan merayakan keunikan sebagai bangsa Indonesia.

    Baca Berita IndoJurnal.id di Google News

    Trending