Connect with us

    NEWS

    Serap Aspirasi BEM Malang Raya, Ganjar Pranowo Bicara Hukum

    Published

    on

    Ganjar Pranowo

    IndoJurnal – Bakal capres Ganjar Pranowo menyerap aspirasi puluhan mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Malang Raya, utamanya terkait proses penegakan hukum di Indonesia.

    Dalam kunjungan ke Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Senin (16/10/2023), Ganjar menyerap aspirasi BEM Malang Raya dengan koordinator Abi Naga Parawansa, terkait penegakan hukum di Indonesia yang dinilai harus lebih maksimal.

    “Mereka (mahasiswa) punya kepedulian pada lingkup kecil kampusnya, pada olahraga, pada ketidakadilan. Jadi ini memang idealisme khas mahasiswa. Maka saya bilang, pelihara itu, jaga itu,” kata Ganjar.

    Atas dasar keresahan tersebut, Ganjar menegaskan bahwa penegakan hukum harus objektif dan berintegritas. Sementara pemangku kebijakan yang tidak berintegritas pada permasalahan tersebut harus dicopot dari jabatannya.

    Menurutnya, aspirasi dari para mahasiswa adalah bekal berharga untuk menyongsong penegakan hukum Indonesia yang lebih baik di masa depan.

    Advertisement

    Penyampaian aspirasi juga merupakan peran penting mahasiswa serta generasi muda agar nantinya kebijakan yang diambil pemerintah ke depan semakin baik dan berdampak positif buat masyarakat.

    “Kepedulian yang sangat tinggi inilah yang kita harapkan tadi, mereka praktek sekaligus menjadi penjaga moral. Sehingga nanti kalau offside merekalah yang pertama paling keras mengingatkan,” tuturnya.

    Oleh karena itu, bakal capres tersebut mengajak para mahasiswa itu untuk terjun ke dunia politik agar bisa menebarkan lebih banyak manfaat kepada bangsa dan negara. Namun, Ganjar mengingatkan bahwa semua itu harus dijalankan dengan integritas tinggi.

    “Tapi saya ingatkan, kalau kamu dapat kekuasaan, ingat, kamu pun bisa tergoda karena akan masuk pada jebakan-jebakan yang mengerikan. Itulah yang perlu dilatih mulai hari ini,” ujarnya.

    Sebagai informasi, hingga saat ini, sudah ada tiga nama yang menjadi bakal calon presiden (capres) pada Pemilu 2024, yakni Ganjar Pranomo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Anies Baswedan telah dipastikan maju didampingi oleh Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

    Advertisement

    Sementara untuk dua calon lainnya, Ganjar dan Prabowo, hingga saat ini masih belum menentukan siapa pendamping atau bakal calon wakil presiden yang akan berkontestasi pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

    Cawapres untuk Kepentingan Bangsa Bukan Pribadi

    Terkait cawapres Ganjar Pranowo, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan mencarikan pendamping terbaik dalam menghadapi Pilpres 2024.

    “Masa Ibu salah pilih, ini bukan untuk kepentingan partai, kepentingan pribadi, tetapi untuk bangsa dan negara ini,” kata Megawati Soekarnoputri dalam Rapat Ke-153 DPP PDI Perjuangan.

    Megawati mengatakan bahwa pada pekan ini memasuki masa yang sibuk dalam menentukan pendamping Ganjar Pranowo yang akan didaftarkan ke KPU sebagai bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden.

    Ia menegaskan bahwa hal itu bukan keinginan PDI Perjuangan, bukan pula kepentingan elektoral, apalagi kepentingan dirinya dan keluarga.

    “Kami ingin pemimpin yang bisa memimpin Republik Indonesia dengan baik,” katanya.

    Advertisement

    Menurut dia, pihaknya tentu mempertimbangkan dengan matang siapa sosok tepat dampingi Ganjar.

    “Kami terima masukan dari berbagai pihak terkait nama pendamping ini,” kata Megawati.

    Ketum meminta kepada kader PDI Perjuangan untuk bersabar karena mereka telah memberikan mandat kepadanya untuk menentukan siapa yang akan mendampingi Ganjar Pranowo.

    “Pendamping itu nanti akan keluar dari mulut saya. Ketika saya buka, nama itu akan keluar,” kata dia.

    Megawati mengajak seluruh kader untuk serius dalam melakukan persiapan dalam menghadapi Pemilu 2024.

    Advertisement

    “Meningkatkan semangat dan mental juang dalam memenangkan PDI Perjuangan dan Ganjar Pranowo,” tuturnya.

    Sebelumnya, Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden menyatakan telah mencatat sejumlah nama yang akan direkomendasikan kepada koalisi partai politik sebagai pendamping Ganjar Pranowo dalam Pemilu 2024.

    “Kami catat semua nama yang muncul, termasuk Andika Perkasa yang saat ini menjadi Wakil Ketua TPN. Begitu juga nama lain seperti Mahfud Md., Erick Thohir, Sandiaga Uno, Khofifah, dan lainnya,” kata Ketua TPN GP Arsjad Rasjid.

    Dalam penentuan nanti, pihaknya akan menyerahkan sepenuhnya kepada Ganjar Pranowo siapa yang paling tepat untuk mendampinginya.

    “Tugas kami adalah melakukan pemenangan Ganjar menjadi presiden,” kata dia.

    Advertisement
    Baca Berita IndoJurnal di Google News

    Trending