Connect with us

    Berita

    Shin Tae-yong Pergi, Ini 3 Pelatih yang Layak Pimpin Timnas Indonesia

    Published

    on

    Pengganti Shin Tae-yong

    IndoJurnal, Jakarta – Siapa yang layak menggantikan Shin Tae-yong? Kira-kira itulah pertanyaan jika PSSI tak memperpanjang kontrak pelatih asal Korea Selatan tersebut.

    Masa depan Shin Tae-yong memang selalu menarik untuk dikulik. Di iklim sepak bola Indonesia yang serba instan, proses ala Shin Tae-yong tampaknya sulit untuk diterima.

    Bagi penganut sepak bola prestasi, Shin Tae-yong sudah gagal sejak dirinya tak mampu mengantarkan Timnas Indonesia menjuarai Piala AFF dalam dua edisi. Lalu di tambah ‘hanya’ medali perunggu yang didapat timnas di SEA Games 2021 Vietnam.

    Memang, ada indikasi Shin Tae Yong bakal diperpanjang kontraknya oleh PSSI, meski gagal menangani timnas U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

    Tapi, ada baiknya juga kita berandai-andai mengenai calon pengganti Shin Tae Yong di masa mendatang. Jika nanti di Piala Asia 2023 gagal juara, deru debu sudah pasti akan mengarah tajam ke Shin Tae Yong.

    Advertisement
    BACA JUGA: 4 Cara Isi Saldo Dana Bagi Pengguna Bank BCA
    Berikut ini 3 Pelatih yang Layak Gantikan Posisi Shin Tae-yong

    1. Luis Milla

    Luis Milla bukanlah nama baru di belantika sepak bola nasional. Sudah pasti, ia akan disambut hangat kembali ke timnas jika memang menjadi pengganti Shin Tae Yong.

    BACA JUGA :  Terus Bertambah, Giliran Purnawirawan Polri Dukung Ganjar Pranowo

    Pelatih asal Spanyol yang kini menangani Persib Bandung itu pernah merasakan kursi panas Timnas indonesia.

    Usai gagal di Asian Games 2018, kritikan datang ke Milla tapi tak sedikit juga yang membela Milla, namun keputusan akhir PSSI adalah memecat Milla.

    Namun, sejatinya Milla mampu menampilkan permainan yang menarik. Terlepas dari menang-kalah ataupun cetak gol atau tidak, Milla-lah yang membuat permainan dari kaki ke kaki menjadi ciri khas Indonesia, menggantikan umpan lambung.

    Advertisement
    BACA JUGA: Berapa Saldo Mengendap di Rekening Bank Mandiri? Ini Jawabannya!

    2. Indra Sjafri

    Siapa yang tak kenal dengan pelatih yang satu ini. Urang Awak ini dikenal sebagai pelatih ‘mata elang’ karena banyak melahirkan dan memoles tim junior Indonesia menjadi yahud.

    Indra Sjafri disebut yang memoles bakat pemain timnas generasi saat ini, seperti Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, ataupun Evan Dimas dan Hansamu Yama.

    Di level junior, Indra Sjafri memiliki prestasi menterang. Ia juara Piala AFF U-19 2013 yang melahirkan generasi Evan Dimas cs.

    Kemudian, lahirlah generasi Egy Maulana Vikri yang menjuarai Piala AFF U-22 beberapa tahun lalu. Kini rata-rata pemain angkatan Egy sudah jadi andalan timnas senior.

    Advertisement

    Maka dari itu, jika Shin Tae Yong tak berkenan lagi melatih timnas, ada baiknya nama Indra Sjafri jadi pengganti karena prestasinya di level junior yang menumpuk.

    BACA JUGA :  Misteri Meninggalnya David Jacob: Atlet Paralimpiade yang Wafat di Pinggir Rel Stasiun Gambir
    BACA JUGA: Samsung A22, Harga Terjangkau dengan Fitur yang Bersaing

    3. Stefano Cugurra ‘Teco’

    Nama Teco sudah tak asing bagi sepak bola Indonesia. Ia merupakan pelatih asing dengan setumpuk prestasi di Liga 1 Indonesia.

    Pelatih asal Brasil ini pernah mengantarkan Persija Jakarta ‘buka puasa’ gelar juara Liga Indonesia. Ia membawa Macan Kemayoran juara Liga 1 2018 setelah terakhir kali juara pada 2001.

    Tak lagi di Persija, Teco melatih Bali United. Di Serdadu Tridatu, Teco juga tak kehilangan tajinya sebagai pelatih parlente dan berkualitas.

    Advertisement

    Ia mampu membawa Bali United memeluk dua gelar juara Liga 1 secara back-to-back alias beruntun, yakni pada edisi 2019 dan 2021/2022.

    Selain itu, Teco juga pelatih pragmatis dalam permainannya. Ia lebih mengutamakan hasil ketimbang cara bermain indah ataupun pembinaan. Tentu saja ini sangat disukai olen insan sepak bola Indonesia yang mementingkan hasil akhir.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending