Connect with us

    Berita

    Silahturahmi ke Pontianak, Mahfud MD Serap Aspirasi Masyarakat Tionghoa

    Published

    on

    Mahfud MD ke Pontianak

    IndoJurnal – Cawapres nomor urut 2 Mohammad Mahfud MD menggelar acara silaturahim dengan masyarakat Tionghoa di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (25/11/2023), sebagai bagian dari rangkaian pertemuannya dengan tokoh masyarakat lintas agama.

    Dalam acara silaturahim yang digelar di Rumah Hakka Kalbar tersebut, Mahfud MD didampingi oleh Zaizatun Nihayati, serta Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang alias OSO beserta istrinya, Serviati Oesman.

    Dalam kesempatan itu, Mahfud menegaskan dirinya bukan sedang berkampanye, tetapi menyerap aspirasi masyarakat.

    “Bukan kampanye, tapi aspirasi masyarakat kami dengar. Seperti yang Anda tahu, tidak ada kampanye,” kata Mahfud di Kota Pontianak.

    Namun demikian, Mahfud menambahkan ada satu hal penting yang harus disampaikan dalam silaturahim tersebut, yakni persatuan dan kesatuan bangsa.

    Advertisement

    “Saya sendiri hanya berkampanye politik tingkat tinggi, yaitu kebersatuan, kerukunan antarberbagai ikatan. Kalau itu adalah kampanye politik yang harus dilakukan setiap waktu,” ujar Mahfud MD.

    Usai bertemu warga keturunan China di Pontianak, Mahfud melanjutkan agendanya dengan silaturahim bersama para ulama dan kiai serta tokoh-tokoh etnis di Kalimantan Barat.

    Selanjutnya, pada Minggu pagi (26/11/2023), Mahfud  akan ikut serta dalam kegiatan Senam Sehat bersama OSO dan masyarakat Kalbar.

    Dalam silaturahmi tersebut, masyarakat Hakka Kalbar juga mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

    “Hari ini, khususnya buat orang Hakka, orang Tionghoa, ini suatu kebanggaan; dan Rumah Hakka ini rumah adat Tionghoa,
    dipakai pertama kali untuk deklarasi Ganjar-Mahfud,” kata Ketua Hakka Kalbar Mulyadi.

    Advertisement

    Dalam kesempatan itu, Mulyadi juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak menjadi kelompok golongan putih (golput) dalam Pemilu Serentak 2024.

    “Khususnya orang Tionghoa, saya mengharapkan dan menggarisbawahi bahwa jangan sampai golput. Kita gunakan suara kita untuk memilih pada (Pemilu Serentak) 2024. Biar pun kebetulan itu hari besar orang Tionghoa, tapi saya mengharapkan usahakan dan gunakanlah suara kita,” ujar Mulyadi.

    Ketum Hanura Sambut Baik Kedatangan Mahfud MD ke Pontianak

    Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang alias OSO mengatakan kedatangan cawapres Mahfud MD di Kalimantan Barat telah menyatukan berbagai etnis.

    “Orang-orang Tionghoa Kalbar kumpul, saya enggak menyangka sebegitu banyak dan mereka pidato. Kapan sih kita bisa secocok ini soal antara suku sama suku sama Tionghoa sama segala macam. Tadi itu bagaikan bersaudara mereka Madura dengan Tionghoa,” kata OSO.

    Oesman menjelaskan momen ‘penyatuan’ tersebut berawal saat kedatangan Mahfud di Pontianak dalam rangka silaturahmi dengan berbagai tokoh masyarakat Kalbar.

    Mahfud kemudian diminta datang untuk bersilaturahmi dengan warga Tionghoa Kalbar di Rumah Hakka Kalbar di Pontianak.

    Advertisement

    OSO juga mengatakan dirinya belum pernah menyaksikan berbagai etnis di Kalbar bisa bersatu dengan kedatangan seorang tokoh nasional.

    Menurutnya, hal itu bisa menjadi pengingat bahwa sejatinya Indonesia adalah negara multi etnis yang bersatu membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

    “Saya tadi melihat perkawinan yang luar biasa dan itu belum pernah terjadi selama saya hidup di Kalimantan Barat, baru tadi. Hanya Mahfud MD yang bisa bikin begitu Mereka ltu luar biasa,” ujarnya.

    Baca Berita IndoJurnal di Google News

    Trending