Connect with us

    Berita

    Skandal Terungkap! Buro Happold Akui Tak Pernah Desain JIS

    Published

    on

    Indo Jurnal – Buro Happold, konsultan desain ternama asal Inggris menyatakan bahwa pembangunan Jakarta Internasional Stadium (JIS) tidak seusai dengan panduan yang mereka berikan.

    Pernyataan Buro Happold ini sekaligus mengklarifikasi ketika pihaknya disebut-sebut oleh sebagian kalangan yang menilai JIS telah berstandar FIFA.

    Klarifikasi Buro Happold

    Pada prakteknya, Pemprov DKI Jakarta menggandeng Buro Happold dalam pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

    Namun, Buro Happold mengaku bahwa pihaknya tidak diminta untuk mendesain stadion JIS, sehingga tidak pernah pula mendesainnya.

    Advertisement

    Selain itu, perusahaan juga tidak terlibat dalam pekerjaan konstruksi apapun yang dilakukan selanjutnya.

    “Pihak PT Jakarta Konsultindo (Jakkon) meminta Buro Happold untuk membuat panduan desain (design guidelines) serta memberikan jasa konsultasi, mulai Desember 2018 hingga Maret 2019,” tulis Buro Happold dalam keterangan resminya, Senin 10 Juli 2023.

    Buro Happold menjelaskan, secara ruang lingkup pekerjaannya hanya mencakup persiapan untuk pembuatan panduan desain (preparation of concept design guide), penilaian untuk soal teknis dan komersial (technical and commercial assessment), konsep rencana induk untuk area di sekitar stadion (concept masterplan for the surrounding area), serta peta jalan implementasi proyek (implementation roadmap).

    “Selama masa pembuatan panduan itu, perusahaan mengaku telah memastikan agar seluruh aspek desain yang berkaitan dengan standar FIFA terpenuhi,” tulisnya.

    Kemudian, setelah rangkaian pekerjaan di atas selesai, Buro Happold diminta untuk meninjau konsep desain yang dipersiapkan oleh pihak lain, alias konsultan yang ditunjuk Jakkon.

    Advertisement

    “Hasil tinjauan perusahaan mengidentifikasi beberapa aspek yang ternyata tidak sesuai dengan panduan konsep desain orisinil dari Buro Happold. Temuan ini telah disampaikan oleh Buro Happold dalam surat terpisah,” jelasnya.

    JIS Kembali Ada di Situs Buro Happold

    Sebelumnya, proyek JIS menghilang dari daftar portofolio proyek yang tercantum di dalam laman resmi Buro Happold pada Sabtu 8 Juli 2023.

    BACA JUGA :  Biografi Adnan Buyung Nasution, Pengacara Pembela Hak Asasi Manusia

    “Merujuk pada perkembangan situasi, Buro Happold merasa perlu untuk memberikan penjelasan lebih detil di laman resmi perusahaan mengenai ruang lingkup pekerjaan dalam Proyek JIS guna menghindari kesalahan informasi dan persepsi,” tulisnya.

    “Tulisan yang telah diperbarui tersebut dimaksudkan agar publik memahami secara utuh dan tepat mengenai peran Buro Happold,” pungkasnya.

    Advertisement

    JIS diklaim sudah standar FIFA

    Surya Tjandra, juru bicara Anies Baswedan eks gubernur DKI Jakarta menilai bahwa JIS telah berstandar FIFA.

    Surya menyebut, proyek JIS dikerjakan sepenuhnya oleh tenaga kerja lokal dibantu konsultan Buro Happold yang membangun Tottenham Hotspurs Stadium di Inggris.

    “Sehingga desainnya tentu mengikuti standar dan FIFA Stadium Guideline yang juga digunakan di Tottenham Hotspurs Stadium,” ujarnya lewat keterangan tertulis yang dibagikan, Rabu 5 Juli 2023.

    Sedangkan fasilitas parkir, JIS memiliki sebanyak 1.200 parkir yang disediakan bagi tim, penonton dan VVIP serta undangan. Bahkan kantong parkir juga tersedia di sekitar stadion.

    Advertisement

    “JIS sendiri saat ini memiliki 1.200 parkir yang diprioritaskan untuk Tim, Penonton dengan disabilitas, VVIP dan Undangan khusus,” ujarnya.

    BACA JUGA: Bagaimana Cara Isi Saldo SeaBank? Berikut Langkah-langkahnya

    Profil Singkat Buro Happold

    Melansir dari situs resmi perusahaan, Buro Happold adalah konsultan insinyur, desainer, dan penasihat internasional yang terintegrasi.

    Perusahaan asal Inggris tersebut sudah berdiri lebih dari 45 tahun dan kini telah memberikan berbagai solusi kreatif tentang perencanaan pembangunan untuk kepentingan manusia.

    Advertisement

    Buro Happold identik dengan pengiriman proyek yang sangat kompleks di setiap benua. Mereka juga bekerja dengan praktik dan organisasi arsitektur terkemuka di dunia, seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), UNESCO, dan C40 Cities.

    Perusahaan yang Berkomitmen Pada Iklim

    BACA JUGA :  Menteri Luhut Turun Tangan! Siapkan 5 Cara Atasi Polusi Udara

    Buro Happold bekerja bertujuan pada pemulihan iklim yang adil dan hijau. Hal ini menyesuaikan dengan bisnis mereka untuk memitigasi perubahan iklim dan krisis keanekaragaman hayati.

    Tak hanya itu, pada situs resmi perusahaan, mereka pun memperlihatkan Laporan Keberlanjutan Global yang menguraikan kemajuan dalam perjalanan berkelanjutan berdasarkan proyek dan operasinya. Adapun tiga target penting Buro Happold pada iklim adalah sebagai berikut:

    – Mengurangi emisi karbon operasional perusahaan sebesar 21 persen pada 2025.

    Advertisement

    – Merancang semua proyek pembangunan baru untuk menjadi nol karbon bersih yang beroperasi pada 2030.

    – Mengurangi intensitas karbon dari semua bangunan baru, retrofit besar, dan proyek infrastruktur sebesar 50 persen pada 2030.

    Struktur Petinggi Perusahaan Buro Happold

    – Oliver Plunkett sebagai Chief Executive Officer

    – Mark Barone sebagai Chief Operating Officer

    Advertisement

    – Sean Mulligan sebagai Chief Financial Officer

    – Misti Melville sebagai Chief People Officer

    – Alain Wah sebagai Chief Technology Officer

    – Craig Schwitter sebagai Senior Partner, Chair of the Global Board

    – Dr. Sarah Prichard sebagai Managing Director – UK

    Advertisement

    – Christian Ulrich sebagai Managing Director – Europe

    – Gareth Kirkwood sebagai Managing Director – Middle East

    Daftar Stadion Internasional Pernah Didesain Buro Happold

    – Astana Arena di Kazakhstan yang berkapasitas 30.000 tempat duduk.

    – Bramley -Moore Dock Stadium di Liverpool, Inggris yang berkapasitas 52.888 tempat duduk.

    Advertisement

    – Aviva Stadium di Dublin, Irlandia dengan kapasitas 50.000 kursi penonton.

    – London Olympic Stadium di London, Inggris, berkapasitas 80.000 tempat duduk.

    – Michelle and Barack Obama Sport Center di Amerika

    – Tottenham Hotspur Stadium di London, Inggris berkapasitas 62.850 bangku.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Advertisement

    Trending