Connect with us

    Politik

    Sunscreen untuk Kulit Sensitif, Apa Saja Produk Rekomendasinya?

    Published

    on

    Sunscreen untuk Kulit Sensitif

    IndoJurnal – Perlindungan kulit dari sinar matahari sangat penting untuk mencegah kerusakan kulit, penuaan dini, dan bahkan risiko kanker kulit. Bagi pemilik kulit sensitif, memilih sunscreen untuk kulit sensitif menjadi langkah penting untuk mencegah iritasi dan reaksi alergi.

    Dalam artikel ini, kamu akan mengetahui sunscreen yang cocok untuk kulit sensitif, penyebab sensitivitas kulit terhadap sinar matahari, dan beberapa rekomendasi produk yang aman.

    Sunscreen untuk Kulit Sensitif Cegah Kondisi Ini

    Faktanya, kulit sensitif cenderung lebih rentan terhadap iritasi, kemerahan, dan reaksi alergi. Oleh karena itu, pemakaian tabir surya untuk kulit sensitif, mampu mencegah timbulnya kondisi-kondisi berikut ini:

    1. Ruam Matahari:

    Pada beberapa individu dengan kulit sensitif, paparan sinar matahari memang dapat menyebabkan ruam matahari yang menyakitkan dan meradang.

    2. Kemerahan:

    Rupanya, kulit sensitif sering kali lebih rentan terhadap kemerahan akibat sinar matahari, yang dapat mengakibatkan kulit terlihat merah dan teriritasi.

    Advertisement

    3. Reaksi Alergi:

    Beberapa orang dengan kulit sensitif sesungguhnya dapat mengalami reaksi alergi terhadap bahan kimia dalam sunscreen yang tidak cocok.

    4. Penuaan Dini:

    Paparan sinar UV juga sebetulnya dapat mempercepat proses penuaan kulit, termasuk munculnya keriput dan bintik-bintik akibat bertambahnya usia.

    Apa yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Sunscreen?

    Ketika memilih tabir surya bagi jenis kulitmu yang sensitif, ada beberapa faktor penting untuk dipertimbangkan:

    1. SPF:

    Hal pertama yang perlu diingat, pilih sunscreen dengan SPF yang cukup tinggi, minimal SPF 30, untuk memberikan perlindungan yang efektif terhadap sinar UVB. Ini akan membantu melindungi kulit dari kerusakan matahari.

    2. Bahan Aktif:

    Pilih sunscreen yang mengandung bahan-bahan yang lembut dan cocok untuk kulit sensitif. Hindari bahan seperti oksibenzon dan PABA yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa individu.

    Advertisement

    3. Mineral Vs. Kimia:

    Sunscreen memiliki dua jenis, yaitu yang berbahan mineral (zat aktifnya seperti zinc oxide atau titanium dioxide) dan kimia (zat aktifnya seperti avobenzone atau octisalate).

    BACA JUGA :  Kenapa Kulit Susah Putih? Ini Dia Sederetan Faktor Penyebabnya

    Sunscreen mineral cenderung lebih cocok untuk kulit sensitif karena bekerja dengan cara melindungi kulit dari sinar matahari dengan memantulkan cahaya, bukan menyerapnya.

    4. Hipoalergenik:

    Cari produk yang diberi label “hipoalergenik” atau “cocok untuk kulit sensitif” untuk mengurangi risiko reaksi alergi.

    5. Cara Pemakaian:

    Gunakan sunscreen secara teratur, terutama setelah berenang atau berkeringat. Ini membantu memastikan perlindungan secara terus-menerus.

    Rekomendasi Sunscreen untuk Pemilik Kulit Sensitif

    Berikut adalah beberapa merek dan produk sunscreen yang cocok untuk kulit sensitif:

    • La Roche-Posay Anthelios Mineral One SPF 50+:

      Pertama-tama ada produk dari La Roche-Posay yang mengandung zinc oxide sebagai bahan aktif dan memiliki formula khusus untuk kulit sensitif. Bahan-bahannya bersifat hypoallergenic dan bebas dari parfum.

    • Cetaphil Sun SPF 50+:

      Merek Cetaphil populer dengan produk perawatan untuk kulit sensitif. Produk tabir surya dari merek ini dirancang khusus untuk kulit sensitif danbahannya pun sangat ringan.

    • Eau Thermale Avène Very High Protection Mineral Cream SPF 50+:

      Merek Avène menghadirkan produk sunscreen dengan zinc oxide sebagai bahan aktif. Hasilnya, produk ini cocok untuk kulit sensitif dan memiliki sifat hypoallergenic.

    • Bioderma Photoderm Mineral SPF 50+:

      Berikutnya, ada Bioderma yang juga menawarkan sunscreen dengan zinc oxide, cocok untuk kulit sensitif. Lebih lanjut, produk ini juga tidak mengandung paraben dan pewarna.

    • EltaMD UV Clear Broad-Spectrum SPF 46:

      Kemudian, ada produk yang mungkin tidak tersedia secara luas di Indonesia, yaitu EltaMD. Merek ini dikenal dengan sunscreen yang cocok untuk kulit sensitif. Jika kamu dapat menemukan produk ini, tak ada salahnya untuk mencoba.

    • Sensatia Botanicals Sunscreen:

      Selanjutnya, ada merek lokal Sensatia Botanicals dengan sunscreen yang mengandung bahan-bahan alami dan cocok untuk kulit sensitif.

    • Biore UV Aqua Rich Watery Gel SPF 50+:

      Lalu, ada Biore yang umumnya dikenal dengan tabir surya untuk kulit berminyak. Namun pada kenyataannya, beberapa individu dengan kulit sensitif juga cocok dengan tabir surya ini karena teksturnya yang ringan dan tidak lengket.

    • Nivea Sun Sensitive Protect SPF 50:

      Terakhir, ada Nivea dengan produk tabir surya khusus untuk kulit sensitif. Produk ini dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko kosmetik dan supermarket di kotamu.

    Hal pertama yang perlu diingat, perlindungan dari sinar matahari sangat penting untuk kulit sensitif. Untuk alasan ini jugalah, memilih sunscreen yang tepat ternyata bisa membuat perbedaan besar.

    Paling tidak, pilihlah produk dengan SPF yang tinggi, bahan-bahan yang lembut, dan hindari bahan-bahan yang dapat menyebabkan reaksi alergi.

    Advertisement

    Dengan menggunakan sunscreen yang sesuai, kamu dapat menikmati aktivitas outdoor tanpa harus khawatir tentang masalah kulit yang mungkin timbul.

    Jaga kulit sensitifmu dengan cermat dan nikmati sinar matahari dengan aman!

    Baca Berita IndoJurnal di Google News

    Trending