Connect with us

    Politik

    Survei UMM: Mahfud MD Cawapres Favorit di Wilayah Jawa Timur

    Published

    on

    Mahfud MD

    IndoJurnal – Hasil survei Pusat Studi Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyatakan bahwa Mahfud MD menjadi bakal calon wakil presiden favorit di wilayah Jawa Timur

    Ketua Tim Survei Pusat Studi Ilmu Politik UMM Rully Inayah Ramadhoan di Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Rabu (18/10/2023) mengatakan bahwa berdasarkan hasil survei pertanyaan tertutup, Mahfud MD menjadi calon wakil presiden dengan tingkat pemilihan tertinggi.

    “Calon wakil presiden dalam benak publik berdasarkan pertanyaan tertutup, tertinggi adalah Mahfud MD dengan 19,4 persen,” kata Rully.

    Simulasi yang dilakukan Pusat Studi Ilmu Politik UMM di Jawa Timur tersebut dilakukan dengan melibatkan 1.000 responden di berbagai wilayah yang tersebar secara proporsional di 100 kelurahan atau desa di 36 kota kabupaten.

    Survei tersebut, lanjutnya, merupakan penelitian ilmiah independen yang didanai secara mandiri oleh Universitas Muhammadiyah Malang. Dalam survei tersebut, memiliki “sampling error” kurang lebih 3,1 persen.

    Advertisement

    Rully menjelaskan berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada September 2023 itu, tokoh lain yang memiliki potensi untuk menjadi bakal cawapres adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang mendapatkan suara sebesar 14,5 persen.

    Kemudian diikuti mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebesar 11,1 persen dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sebesar 10,9 persen, Muhaimin Iskandar 10,2 persen, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebesar sepuluh persen.

    BACA JUGA :  Bacaan Ayat Kursi Latin dan Waktu Terbaik untuk Membacanya

    “Kemudian, tokoh lainnya, yakni Agus Harimurti Yudhoyono sebesar enam persen, Yenny Wahid 4,5 persen, dan Gibran Rakabuming 4,2 persen,” katanya.

    Jika dilihat dari kelompok umur, generasi berusia 59-85 tahun lebih banyak memilih Khofifah Indar Parawansa sebesar 16,8 persen, usia 43-58 tahun memilih Mahfud MD sebesar 21,5 persen, dan usia 27-42  tahun memilih Mahfud MD sebesar 19,5 persen.

    “Sementara untuk generasi berusia 17-26 tahun lebih banyak memilih Ridwan Kamil sebesar 19 persen,” katanya.

    Advertisement

    Dalam hasil survei tersebut, lanjutnya, tren peningkatan elektabilitas tertinggi dicatat oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, yang naik 5,8 persen menjadi 10,9 persen pada September dibanding Juli 2023.

    Sebagai informasi, hingga saat ini sudah ada tiga nama yang menjadi bakal capres pada Pilpres 2024, yakni Ganjar Pranomo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

    Anies Baswedan telah dipastikan maju didampingi oleh Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, sementara Ganjar Pranowo baru saja diumumkan berpasangan dengan Mahfud MD yang saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam).

    Menanti Cawapres Prabowo Subianto

    Saat ini, tersisa Prabowo Subianto yang belum mengumumkan bakal calon wakil presiden yang akan mendampinginya pada kontestasi Pemilu 2024.

    BACA JUGA :  Kandidat Pilgub Sulawesi Utara, Olly Dondokambey Sebut Nama Steven Kandouw

    Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengatakan bakal capres Prabowo Subianto akan mendaftar di KPU setelah rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Golkar.

    “Tanggal 21 akan ada Rapimnas Golkar, baru kemudian pendaftaran Prabowo,” katanya dalam jumpa pers usai rapat pleno di DPP Golkar di  Jakarta.

    Advertisement

    Rapimnas merupakan wadah pengambilan keputusan kedua tertinggi Partai Golkar, setelah musyawarah nasional (Munas).

    Airlangga tidak menjawab, ketika ditanyakan, apakah Rapimnas juga mengesahkan bakal calon wakil presiden yang diusung Partai Golkar untuk mendampingi Prabowo Subianto.

    “Rapimnas hanya membahas keputusan Partai Golkar. Semuanya akan diputuskan,” ujarnya.

    Terkait, apakah Partai Golkar akan menarik diri jika bakal cawapres dari partai itu tidak disetujui oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM), Airlangga menegaskan jika mereka sudah mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto.

    Sebelumnya, empat nama yang berpotensi menjadi bakal cawapres untuk Prabowo yakni Gibran Rakabuming Raka (Jawa Tengah) dan Khofifah Indar Parawansa (Jawa Timur).

    Advertisement

    Ada pula kemungkinan nama Erick Thohir, yang merupakan keturunan Lampung dan Jawa Barat; sementara Airlangga Hartarto merupakan politikus kelahiran Surabaya, Jawa Timur, dan berketurunan Jawa Tengah.

    Baca Berita IndoJurnal di Google News

    Trending