Connect with us

    Politik

    Tanggapi Hasil Survei, Anies Baswedan: Perjalanan Masih Panjang

    Published

    on

    IndoJurnal – Bakal calon presiden  (capres) yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan, menanggapi santai terkait hasil survei Litbang Kompas yang menempatkan dirinya pada urutan paling bawah dibanding Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

    Dalam kunjungan ke Desa Jeru, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Rabu (24/5/2023), Anies mengatakan bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 baru akan dilaksanakan delapan bulan lagi sehingga hasil survei yang ada tersebut masih fluktuatif.

    “Perjalanan masih panjang, masih ada delapan bulan lagi. Banyak hal yang akan terjadi. Kalau teman-teman memantau, selalu yang namanya survei berbulan-bulan sebelum pelaksanaan masih fluktuatif,” kata Anies.

    Sebelumnya, berdasarkan hasil survei Litbang Kompas, elektabilitas Prabowo Subianto berada pada urutan pertama dengan 24,5 persen, Ganjar Pranowo urutan kedua dengan 22,8 persen, dan Anies Baswedan berada di urutan terakhir dengan 13,6 persen.

    BACA JUGA :  Setor Tunai BRI, Bisa Langsung ke Bank atau Melalui ATM
    BACA JUGA: Lawan Argentina, Momen Bersejarah untuk Timnas Indonesia

    Anies Baswedan sudah menyiapkan strategi

    Anies menjelaskan dengan adanya survei tersebut akan menjadi bahan penting dalam menentukan rencana dan strategi ke depan. Namun, ia tidak bisa menjabarkan secara detail terkait strategi apa yang akan diterapkan.

    Advertisement

    Ia mencermati pelaksanaan survei dari berbagai lembaga yang terbilang sering dilakukan. Hal tersebut menjadi bukti bahwa ada perhatian yang tinggi terkait elektabilitas para bakal capres yang akan berkontestasi.

    “Kalau pemilu bulan depan, intensitas survei tinggi memang biasa. Tapi kalau sekarang, pemilu delapan bulan lagi, survei luar biasa. Rasanya hampir tiap satu atau dua minggu ada survei. Jadi menggambarkan ada perhatian tinggi dan dinamika masih sangat fluktuatif,” ujarnya.

    Meskipun dalam survei tersebut menempatkan dirinya pada urutan terakhir, ia meyakini pada Pemilu 2024 akan mendapatkan hasil yang optimal. Hal tersebut dikarenakan ia selalu menampung aspirasi perubahan yang terus bergaung.

    BACA JUGA :  Aksi Heroik Lifeguard Pantai Ancol, Selamatkan Pengunjung yang Tenggelam!

    “Kalau optimisme, optimisme tinggi. Bahkan kami sangat optimistis. Karena kita merasakan aspirasi, keinginan, perubahan, dan keadilan, itu bergaung. Tentu harus berusaha, tidak bisa hanya dengan optimisme saja,” katanya.

    Dalam kesempatan itu, Anies Baswedan mengunjungi Pondok Pesantren Darul Muttaqin. Dirinya melakukan silaturahim kepada sejumlah tokoh agama dan masyarakat setempat.

    Advertisement

    Anies Baswedan merupakan bakal capres yang diusung KPP. Sementara itu, bakal capres lainnya adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diusung PDI Perjuangan dan PPP.

    Sementara Prabowo Subianto menjadi capres dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya, yang merupakan gabungan dari Partai Gerindra dan PKB.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending