Connect with us

    NEWS

    Terbaru! SMRC Rilis Survei, Ganjar Pranowo Lampaui Prabowo

    Published

    on

    Survei SMRC

    IndoJurnal – Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) telah mempublikasikan hasil survei elektabilitas capres. Sebagai hasilnya, Ganjar Pranowo mengungguli Prabowo Subianto. Melalui survei pilihan tertutup dengan tiga nama, Ganjar mendapat 35,9 persen suara.

    “Prabowo 33,6 persen dan Anies di posisi ketiga dengan 20,4 persen,” kata Direktur Riset SMRC, Deni Irvani melalui rilis hasil survei di kanal YouTube SMRC TV, Rabu (23/8/2023). Sementara itu, sebanyak 10,1 persen responden belum menentukan pilihan.

    Berikut ini pergerakan dukungan kepada Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan sepanjang periode Mei 2021-Agustus 2023 menurut SMRC.

    Ganjar Pranowo: naik dari 25,5 persen menjadi 35,9 persen
    Prabowo Subianto: cenderung stagnan dari 34,1 persen menjadi 33,6 persen
    Anies Baswedan: turun dari 23,5 persen menjadi 20,4 persen

    Deni mengungkapkan, dukungan kepada Ganjar meningkat setelah deklarasi dirinya sebagai capres. Namun akhirnya, perolehan suaranya turun pada pertengahan Juli 2023.

    Advertisement

    SMRC melakukan survei elektabilitas ini dengan skala nasional pada 31 Juli-11 Agustus 2023. Yang menjadi populasi survei adalah WNI dengan hak pilih dalam pemilu, atau yang sudah berusia minimal 17 tahun maupun sudah menikah saat mengikuti survei.

    Pada Survei Litbang Kompas, Ganjar Juga Unggul

    Pada survei dalam simulasi pilihan terbuka itu, responden bebas menyebut nama yang dianggap layak menjadi presiden. Pada survei dengan sepuluh nama, Ganjar, Prabowo, dan Anies mencatatkan perolehan sebagai berikut ini:

    Ganjar Pranowo: 29,6 persen
    Prabowo Subianto: 27,1 persen
    Anies Baswedan: 15,2 persen

    Sementara itu pada skema lima nama, berikut ini perolehan masing-masing:

    Ganjar Pranowo: 31,8 persen
    Prabowo Subianto: 27,8 persen
    Anies Baswedan: 15,6 persen

    Advertisement

    Pada simulasi dengan tiga nama, berikut ini perolehan ketiganya:

    Ganjar Pranowo: 34,1 persen
    Prabowo Subianto: 31,3 persen
    Anies Baswedan: 19,2 persen

    Dengan demikian, melihat hasil survei dengan sepuluh nama dan lima nama, suara untuk Prabowo maupun Anies relatif tidak berubah. Sementara itu, Ganjar terlihat menanjak. Sehingga, jarak keterpilihan Ganjar pun semakin lebar, baik dengan Prabowo maupun Anies.

    BACA JUGA: Survei LSI: Prabowo Subianto-Airlangga Hartarto di Peringkat Satu

    Prabowo Subianto Unggul di Survei Voxpol

    Prabowo Subianto diakui sebagai pemimpin yang memiliki kemampuan terbaik dalam mengelola konflik di antara para calon presiden lainnya.

    Hal ini telah membawa Prabowo ke puncak elektabilitas menurut hasil survei oleh Lembaga Survei Voxpol Center periode 24 Juli hingga 2 Agustus 2023.

    Advertisement

    Hasil survei Voxpol Center menunjukkan Prabowo berada di posisi teratas dalam elektabilitas capres dalam simulasi dengan tiga nama.

    Prabowo berhasil meraih dukungan sebesar 36,5 persen, diikuti oleh Ganjar Pranowo dengan 30,4 persen, dan Anies Baswedan dengan 26,4 persen.

    Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menyebut karakteristik kepemimpinan Prabowo menjadi faktor utama yang mengantarkan pada tingginya elektabilitasnya.

    Sosoknya dianggap sebagai pemimpin yang berani dalam pengambilan keputusan dan memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengelola konflik.

    “Prabowo Subianto dianggap memiliki keberanian dalam pengambilan keputusan dan kemampuan dalam mengelola konflik,” ujar Pangi dalam keterangan tertulis, Rabu (16/8/2023).

    Advertisement

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending