Connect with us

    Berita

    Terus Bertambah, Giliran Purnawirawan Polri Dukung Ganjar Pranowo

    Published

    on

    Purnawirawan Polri Dukung Ganjar

    IndoJurnal – Persatuan Purnawirawan (PP) Polri mendukung pasangan bakal capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud MD di Pilpres 2024.

    Hal ini disampaikan Mantan Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal (Purn) Gatot Eddy Pramono usai Rapat Kerja Pusat (Rakerpus) PP Polri 2023 di Gedung Tri Brata, Jakarta, Selasa (31/10/2023).

    “Yang intinya tentunya rapat tadi menghasilkan suatu keputusan, salah satunya adalah dukungan daripada PP Polri sampai dengan tiga ranting kepada Pak Ganjar dan Pak Mahfud Md,” kata Gatot kepada awak media.

    Ia menjelaskan bahwa dukungan PP Polri kepada Ganjar-Mahfud sampai dengan tiga ranting yang tersebar di seluruh Indonesia. Adapun jumlahnya juga mencapai 251 cabang.

    Menurutnya, para purnawirawan itu sudah tak lagi menjadi anggota Polri. Untuk itu, sambung Gatot, mereka memiliki hak untuk memilih dan dipilih pada pesta demokrasi setiap lima tahunan itu.

    Advertisement

    Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud itu mengungkapkan Ganjar sudah pernah berbicara di depan relawan Garuda Nusantara yang juga merupakan purnawirawan Polri. Selain itu, relawan tersebut juga gabungan dari TNI-Polri.

    “Beberapa kali beliau pernah menyampaikan juga pertemuan dengan PP Polri dan berbicara di situ,” ujarnya.

    Oleh karena itu, pendekatan antara Ganjar dan PP Polri sudah terjalin sejak lama. Saat disinggung terkait pelaksanaan deklarasi PP Polri ke Ganjar-Mahfud, dia menuturkan akan ada tindak lanjut terkait itu.

    BACA JUGA :  Perbedaan Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi Apa Sih?

    Gatot juga tak memaksa apabila ada purnawirawan yang memilih pasangan bakal capres-cawapres lain.

    “Ya, kami tahu ada beberapa juga yang memilih calon lain itu kan hak daripada masing-masing ya, tidak boleh dipaksakan juga seperti itu,” ujarnya.

    Advertisement

    Ia pun fokus memenangkan Ganjar-Mahfud dengan turun ke daerah hingga menjangkau akar rumput.

    PDI Perjuangan Fokus Naikkan Popularitas Ganjar – Mahfud

    Politikus PDI Perjuangan Aria Bima mengungkapkan pihaknya fokus melakukan kampanye dengan metode mendatangi dari pintu ke pintu (door-to-door) untuk menaikkan popularitas Ganjar Pranowo – Mahfud MD khususnya di Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta.

    “Langkah kami tetap, ya, menaikkan popularitas Ganjar – Mahfud dengan door-to-door dan man-to-man semua kekuatan (partai dan relawan). Bagaimana bisa langsung masuk ke elemen penting di tingkat bawah, yaitu rumah ke rumah,” kata Aria Bima di Jakarta pada Senin (30/10/2023).

    Dia pun menanggapi santai hasil survei beberapa lembaga yang menunjukkan elektabilitas Ganjar – Mahfud kurang di tiga daerah tersebut.

    Menurut Aria Bima, partai-partai koalisi pengusung dan pendukung Ganjar – Mahfud telah memiliki strategi dalam memenangi Pemilu Serentak 2024.

    BACA JUGA :  Banyak Orang Batak Jadi Pengacara, Ini Ternyata Alasannya

    Kemudian, lanjutnya, langkah lain adalah mempertinggi preferensi untuk membangun narasi publik yang positif melalui berbagai media, sehingga rakyat semakin kenal terhadap Ganjar – Mahfud.

    Advertisement

    Langkah itu pun dibarengi dengan kampanye program yang sudah disiapkan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar – Mahfud.

    “Kampanye program yang benar-benar tidak hanya sekadar janji, namun sikap kedua tokoh kami adalah bagaimana penindakan masalah korupsi dan penegakan hukum,” jelasnya.

    Aria Bima menilai keunggulan program Ganjar – Mahfud dalam penindakan masalah korupsi dan penegakan hukum dapat meningkatkan elektabilitas pasangan tersebut di wilayah Jawa Barat dan Banten.

    Dia juga percaya bahwa mayoritas rakyat Indonesia menginginkan adanya langkah konkret dalam pemberantasan korupsi.

    “Rakyat butuh pemimpin yang bebas, antikorupsi, dan tentu narasi-narasi yang lebih religius. Itu menjadikan suatu cara kami menjelaskan melalui berbagai pola supaya bisa lebih masuk,” katanya.

    Advertisement

    Dia menjelaskan Ganjar – Mahfud sangat perhatian dalam penegakan hukum dan pemberantasan korupsi karena kedua persoalan itu sudah pada tingkat yang akut.

    “Saya percaya dengan pemberantasan korupsi dan penegakan hukum, kantong rakyat akan nambah, dan itu namanya sejahtera,” ujarnya.

    Menurut dia, Ganjar – Mahfud bukan hanya menawarkan program, tetapi juga memiliki rekam jejak yang bagus dalam mewujudkan penegakan hukum dan pemberantasan korupsi.

    Baca Berita IndoJurnal di Google News

    Trending