Connect with us

    Politik

    Wajib Tahu, Ini Urutan Skincare Malam yang Benar untuk Kulitmu

    Published

    on

    IndoJurnal – Mengetahui urutan skincare malam yang benar dan konsisten memiliki peranan yang penting dalam memastikan agar kulit dan wajah tetap dalam kondisi sehat.

    Pada umumnya, perlu rutinitas perawatan kulit yang berbeda pada pagi dan malam hari. Akan tetapi, hanya melakukan hal tersebut sebenarnya belum cukup.

    Masih banyak orang yang rajin melakukan perawatan kulit setiap malam, tetapi belum melihat hasil yang efektif pada kondisi kulit wajah.

    Jika kamu juga mengalami kondisi ini, kemungkinan besar kamu belum menjalani urutan skincare malam yang sesuai. Jadi, jangan sampai salah, ketahui bagaimana langkahnya yang tepat. 

    Urutan Skincare Malam yang Benar

    Walaupun terdapat berbagai pilihan produk perawatan wajah yang tersedia saat ini, kamu sebaiknya tetap mengikuti urutan skincare malam yang spesifik.

    Advertisement

    Fokus utama pada produk malam hari adalah mampu menghilangkan kotoran yang menumpuk pada kulit sepanjang hari. 

    Selain itu, produk juga harus mampu memperbaiki kondisi kulit saat tidur. Oleh karena itu, urutan yang sebaiknya kamu coba menggunakan produk seperti berikut ini: 

    1. Pembersih Makeup (Remover)

    Setelah menjalani aktivitas sepanjang hari dengan menggunakan kosmetik, penting untuk menghilangkan riasan tersebut dengan bantuan makeup remover.

    Hanya mencuci wajah dengan sabun tidak cukup karena tidak dapat menghapus semua sisa kosmetik dari kulit. 

    Terutama jika produk riasan yang kamu pakai bersifat tahan air. Kamu memiliki opsi untuk memilih produk pembersih riasan berbasis air atau minyak, tergantung pada preferensi dan jenis kulit yang kamu miliki.

    Advertisement

    2. Pembersih Wajah (Cleanser)

    Urutan skincare malam selanjutnya adalah pembersih wajah alias cleanser. Ini merupakan tahap yang sangat penting yang sebaiknya kamu lakukan baik pada pagi maupun malam hari.

    BACA JUGA :  7 Sekolah Swasta Terbaik Berdasarkan Rerata Nilai UTBK

    Gunakan pembersih wajah yang lembut dan sesuai dengan jenis kulitmu.

    Pembersih wajah yang baik dapat menghapus segala jenis kotoran, minyak berlebih, sisa makeup, dan polusi yang menempel pada kulit sepanjang hari.

    Saat menggunakannya, pastikan kamu meratakan produk ke seluruh area wajah dengan lembut. Selain itu, hindari menggosok terlalu keras untuk mencegah iritasi kulit.

    3. Toner

    Langkah selanjutnya dalam rangkaian perawatan kulit malam adalah menggunakan toner. Produk perawatan wajah ini berperan dalam menjaga keseimbangan pH kulit agar tetap sehat dan segar.

    Advertisement

    Memang, tak sedikit orang mengabaikan pemakaian toner karena merasa tidak terlalu penting.

    Namun, sebaiknya kamu tidak melakukannya. Sebab, produk satu ini dapat membantu menjaga kulit agar tetap terhidrasi selama istirahat malam.

    Saat memilih toner, pastikan tidak mengandung alkohol dan memiliki bahan alami yang bermanfaat bagi kulit.

    Selain itu, kamu tidak perlu menggunakan toner dalam jumlah yang berlebihan. Gunakan kapas untuk meratakan toner ke seluruh wajah dan leher dengan lembut.

    4. Obat Jerawat dan Serum

    Urutan skincare malam berikutnya adalah memakai serum dan obat jerawat. Serum adalah produk perawatan wajah yang mengandung berbagai bahan aktif yang membantu mengatasi masalah kulit spesifik.

    Advertisement

    Misalnya, hiperpigmentasi, kerutan, atau kulit kering.

    Terdapat beragam jenis serum yang tersedia, dan kamu perlu memilihnya berdasarkan kebutuhan kulit. Jika sedang mengalami masalah jerawat aktif, kamu bisa menggunakan produk perawatan jerawat setelah mengaplikasikan toner.

    Selain itu, untuk jenis kulit yang sensitif, kandungan produknya juga berbeda. 

    5. Krim Mata

    Sebelum masuk ke langkah perawatan kulit selanjutnya, pertimbangkan untuk memakai krim mata. Ini adalah produk perawatan yang khusus untuk merawat area sekitar mata dan mengatasi masalah seperti garis halus, lingkaran hitam, dan kantung mata.

    BACA JUGA :  Masih Teka-Teki, Cawapres Ganjar Pranowo Menunggu Restu 'Ibu'

    Perlu kamu ketahui bahwa produk untuk area mata harus beda dari produk perawatan wajah lainnya. Sebab, kulit pada sekitar mata sangat sensitif dan mudah iritasi. Oleh karena itu, gunakan produk yang memiliki formulasi yang lebih lembut.

    Advertisement

    6. Krim Malam atau Pelembap

    Urutan skincare malam yang terakhir adalah memakai pelembap atau krim malam untuk menjaga kelembapan kulit selama istirahat malam. Ketika tidur, kulit cenderung mengalami dehidrasi, terutama jika tidur pada ruangan ber-AC.

    Penggunaan krim malam atau pelembap dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mengatasi masalah kulit selama waktu istirahat. Oleskan krim malam dengan lembut dari wajah hingga leher dengan gerakan memijat.

    Tips Memakai Skincare Malam

    Itu tadi urutan skincare malam yang perlu kamu perhatikan. Sekarang, kamu jadi lebih tahu produk apa saja yang kamu perlukan, bukan? Jadi, jangan sampai salah lagi, ya!

    Pastikan untuk selalu memilih produk perawatan wajah yang sesuai dengan jenis maupun kebutuhan kulit. 

    Sebab, beda jenis kulit, beda pula kandungan produk yang harus kamu pakai. Baik itu serum maupun pelembap. Selain itu, pastikan untuk selalu melakukan rangkaian skincare ini secara konsisten, ya!

    Jadi, kulit wajah senantiasa sehat, segar, cerah, dan berseri bebas dari berbagai tanda penuaan. Selamat mencoba!

    Advertisement
    Baca Berita IndoJurnal di Google News

    Trending