Connect with us

    Berita

    Wow Keren! Ini 6 Spot Surfing di Indonesia yang Mendunia

    Published

    on

    Spot Surfing di Indonesia

    IndoJurnal – Surfing atau selancar merupakan salah satu sport tourism andalan di Indonesia.  Hal tersebut tidak mengherankan karena Indonesia kaya akan spot surfing menantang dan berskala internasional.

    Saking mendunianya, ada beberapa titik area yang kerap dijadikan dijadikan lokasi kejuaraan surfing internasional, lo. Dimana saja spot surfing yang dimaksud?

    Spot Surfing di Indonesia yang Mendunia

    Berikut adalah spot surfing di Indonesia yang mendunia:

    1. Pantai Sorake, Nias

    Pantai Sorake di Nias, Sumatera Utara menjadi salah satu spot surfing terbaik di Indonesia. Penampilan khas pantai ini adalah gulungan ombaknya yang hampir menyentuh bibir pantai atau sekitar 200 meter.

    Dengan demikian jarak penantian ombak tiba di Pantai Sorake menjadi lebih lama ketimbang pantai umumnya. Adrenalin para peselancar kian terpacu karena ketinggian gelombang disini sekitar 3-5 meter.

    Advertisement
    Baca Juga: 5 Idol K-Pop Hiatus tapi Keluar dari Grup, Siapa Saja Mereka?

    2. Pantai Plengkung, Banyuwangi

    Para penggemar sport tourism mengklaim bahwa Pantai Plengkung sebagai spot surfing terbaik setelah Hawaii. Pasalnya pantai di Banyuwangi ini, gulungan ombaknya sekitar 6-8 meter dengan interval 5 menit.

    BACA JUGA :  Israel Serang Masjid Al-Aqsa, Fadli Zon Pertanyakan Peran PBB

    Kondisi ombak itu, membuat Pantai Plengkung rutin dijadikan tuan rumah kompetisi selancar berskala dunia. Salah satunya World Surf League Championship Tour (WSLCT) pada pertengahan 2022 lalu.

    Fyi, Pantai Plengkung disebut sebagai G-land oleh para wisatawan.  Hal ini dikarenakan turis asing kerap kesulitan saat menyebut kata ‘plengkung’.

    Baca Juga: Kota Ende, Saksi Perjuangan Bung Karno dan Lahirnya Pancasila

    3. Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur

    Bila di Banyuwangi ada spot surfing berjuluk G-Land, kalau di Pulau Rote ada T-Land. Ada beberapa lokasi T-Land, yakni Pantai Bo’a, Pulau Ndana dan Pantai Nemberala.

    Ombak disini biasanya tampil memanjang hingga 300 meter dengan ketinggian ombaknya sampai 4,5 meter. Wow, seru ya!

    Advertisement

    4. Pantai Nihiwatu, Sumba Barat

    Spot surfing yang tak kalah menarik di NTT berlokasi di Pulau Nihiwatu. Ombaknya cukup deras dan pecah hingga 300 meter di atas terumbu karang.

    Berkat itu, Pulau Nihiwatu dijuluki ‘Left God Waves’ oleh para penggemar sport tourism. Kemolekan lain di pulau ini adalah alam dan budayanya plus sikap ramah warga lokal.

    BACA JUGA :  Cara Isi Saldo GoPay Lewat DANA, Harus Upgrade Akun Premium

    5. Pantai Tanjung Setia, Lampung

    Spot surfing di Indonesia yang telah mendunia selanjutnya berlokasi di Pantai Tanjung Setia, Lampung. World Surf League Krui Pro menjadi salah satu event internasional yang pernah dilangsungkan disana, tepatnya pada 2022 silam.

    Menariknya pantai ini langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Dan khusus di bulan Juni-Agustus ketinggian ombaknya berkisar antara 6-7 meter.

    Baca Juga: Makna Lagu ‘Viva La Vida’ Coldplay, Terinspirasi dari Lukisan

    6. Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

    Pulau Sipora merupakan salah satu spot surfing yang menantang di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Saking seru dan asyiknya, CNN Travel memasukannya ke dalam deretan 20 Spot Surving Terbaik di Dunia.

    Advertisement

    Ketinggian ombaknya mencapai 7 meter dan gelombang tinggi seakan membentuk terowongan yang menegangkan bagi para peselancar. Bagi kamu yang ingin menjajal kemampuan berselancar di Pulau Sipora, datanglah sekitar bulan April-Oktober.

    Pasalnya di bulan tersebut, ombak sedang meninggi. Oh ya, di Kepulauan Mentawai kurang lebih memiliki 400 spot surfing yang bisa kamu coba.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending