Connect with us

    Politik

    Ingin Berkembang, 5 Wonderkid Timnas Indonesia Ini Sebaiknya Aboard

    Published

    on

    Timnas Indonesia

    IndoJurnal – Para pemain sepak bola Indonesia tak diragukan lagi punya bakat yang luar biasa. Namun, bakat saja tidak cukup di dunia modern seperti ini.

    Pemain Indonesia banyak diharapkan bisa bermain ke luar negeri alias abroad. Hal ini agar membuat bakat pesepak bola Indonesia bisa berkembang dan beradaptasi dengan sepak bola modern.

    Membuka wacana dunia bahwa di luar ‘rumah’ banyak hal yang bisa dipelajari juga menjadi salah satu manfaat pemain bermain di luar negeri.

    Terlebih saat ini Timnas Indonesia sedang berkembang pesat di tangan pelatih Shin Tae Yong. Dengan kata lain, para pemain muda juga harus bisa menimba ilmu di luar dan melihat sepak bola di luar sana.

    BACA JUGA: Wow! Aktor Ganteng Korea ini Jadi Inspirasi Dibalik Nama Asli Jennie BLACKPINK

    Nah, ada beberapa pemain yang dinilai layak bermain di luar negeri. Siapa saja mereka?

    1. Alfreandra Dewangga

    Namanya kerap disambungkan dengan klub luar negeri. Namun hingga kini dirinya masih bermain untuk PSIS Semarang, klub tempat kelahirannya.

    Advertisement

    Bermain sebagai full-back, Dewangga punya kemampuan yang luar biasa. Ia berani masuk ke pertahanan lawan dan memiliki kemampuan bertahan yang baik pula.

    BACA JUGA :  Tutorial Cara Edit Nama di FB, Gampang Tanpa Ribet

    Dengan kemampuan seperti itu, tak heran Dewangga layak untuk abroad, baik di Eropa ataupun di kompetisi Asia.

    2. Ramadhan Sananta

    Sananta menjadi pemain yang diharapkan semua insan sepak bola Indonesia. Timnas sudah lama tak memiliki striker tajam nan bahaya di kotak penalti.

    Di SEA Games 2023, Sananta membuktikan ketangguhannya. Kini dikaitkan dengan klub besar seperti Persija, Persin, ataupun Dewa United. Akan tetapi jika bisa bermain di luar negeri, akan sangat bermanfaat bagi Sananta.

    BACA JUGA: Sejarah Pelita Jaya, Klub Raya dengan Sederet Bintang Kelas Dunia
    3. Ernando Ari

    Posisinya sebagai kiper memang lebih ramah bermain di dalam negeri. Akan tetapi tidak ada salahnya jika ada kesempatan, Ernando, memilih bermain di luar Indonesia.

    Advertisement

    Sebagai kiper, memang akan banyak ilmu jika bermain di luar negeri. Pasalnya, kiper di posisi bermain modern akan terus bergerak dan bakal lebih aktif.

    BACA JUGA :  8 Kisah Mualaf yang Penuh Inspiratif dari Berbagai Belahan Dunia

    Kiper bisa juga sebagai pemain tambahan di lapangan, agar bisa menambah gol atau bisa membuat perbedaan di pertandingan. Kita tunggu saja.

    4. Rio Fahmi

    Namanya harum sekali di lingkungan Persija. Ia menjadi pemain muda terbaik di Liga 1 musim 2022/23. Banyak yang berharap Rio bisa bermain di luar negeri agar bisa mendevelop lagi kemampuannya dalam bermain sebagai bek sayap.

    Di Timnas Indonesia, Rio sudah cukup menjadi pembeda di skuad SEA Games 2023. Jika bermain di luar negeri, bisa kemampuannya akan semakin meningkat pesat.

    BACA JUGA: Survei Charta Politika: Presiden Jokowi Dukung Prabowo Subianto, Publik Kecewa
    5. Beckham Putra

    Sudah saatnya putra Tanah Priangan bermain di luar negeri. Ya, Beckham punya modal itu. Sebagai pemain tengah, dirinya punya visi yang bagus.

    Advertisement

    Dengan kemampuannya itulah, Beckham dirasa akan makin berkembang jika bermain di luar negeri.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending