Connect with us

    Berita

    Regulasi Asia Tenggara di Liga 1 2023/2024, Dominasi dari Filipina

    Published

    on

    Regulasi Asia Tenggara

    IndoJurnal – Regulasi terkait pemain asing di Liga 1 mengalami perubahan di musim 2023/2024. Perubahan itu meliputi jumlah pemain asing yang mengalami penambahan dan kewajiban tiap klub untuk menyertakan pemain Asia Tenggara (ASEAN).

    Penetapan regulasi baru untuk pemain asing di Liga 1 2023/2024 disampaikan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi.

    Hal itu tertuang dalam surat bernomor 209/LIB-COR/V/2023 bertanda tangan Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus.

    Perihal surat tertulis ‘Pemberitahuan Pelaksanaan Kompetisi Liga 1 2023/2024’ di mana di dalamnya dijelaskan soal perubahan kuota pemain asing.

    Jika pada musim sebelumnya setiap tim yang bermain di Liga 1 hanya boleh memiliki 3+1 pemain asing, dengan rincian komposisinya adalah tiga pemain asing bebas dari negara manapun dan satu lainnya pemain asia.

    Advertisement

    Sedangkan dalam regulasi baru yang ditentukan, tiap klub Liga 1 di musim 2023/2024 mendapat izin untuk mempunyai 5+1 pemain asing.

    Selain ada jumlah penambahan untuk pemain asing dari negara manapun, regulasi baru ini mengaskan bahwa tambahan satu pemainnya kini harus berasal dari Asia Tenggara (ASEAN).

    Peraturan baru yang diterapkan soal kewajiban menyertakan pemain ASEAN di Liga 1 ini disesuaikan dengan regulasi pemain asing AFC dari 3+1 menjadi 5+1 untuk turnamen antarklub 2023/2024. Lima plus satu maksudnya lima pemain asing bebas dan satu dari Asia.

    Selain pemain asing, PT LIB juga menetapkan regulasi pemain U-23. Regulasi ini mewajibkan setiap klub untuk memainkan satu pemain U-23 sebagai starter selama minimal 45 menit.

    Setelah menetapkan regulasi baru soal pemain ASEAN di tiap klub Liga 1, PT LIB juga telah menentukan periode bursa transfer pemain yang dibagi menjadi dua gelombang.

    Advertisement

    Bursa transfer periode pertama Liga 1 berlangsung pada 12 Juni-3 September 2023, sementara periode kedua akan berlangsung pada 1-28 November 2023.

    Berdasarkan tenggat waktu jendela transfer yang ditetapkan PT LIB, hingga pertengahan Juli 18 klub yang tampil di Liga 1 telah merampungkan proses transfer pemain asing sesusi dengan regulasi baru yang berlaku.

    Baca Juga: Keluarga Korban Kanjuruhan Teriaki Erick Thohir Pembohong

    Dominasi pemain asal Filipina

    Seluruh tim sudah melengkapi skuad dengan pemain ASEAN sesuai piihannya dan akan menjadi andalan. Dari negara-negara yang tergabung di ASEAN, ternyata pemain yang berasal dari Filpina yang mendominasi kuota spesial di musim 2023/2024.

    Hal itu dibuktikan lewat data yang dihimpun dari  PT LIB terkaitl pemain ASEAN di tiap  klub pada Liga 1 2023/2024. Filipina menjadi negara yang mendominasi karena tercatat ada 13 pemain asal negara itu yang bakal tampil di Liga 1 musim 2023/2024.

    Selanjutnya negara terbanyak kedua yang pemainnya akan tampil di kompetisi sepak bola kasta tertinggi Tanah Air adalah Singapura.

    Advertisement

    Kemudian disusul oleh Thailand, Myanmar, Malaysia dan Timor Leste yang masing-masing mengirim satu nama.

    Dari regulasi baru yang diterapkan, Barito Putera justru menjadi klub yang mengambil keputusan menarik. Tim besutan Rahmad Darmawan itu memilih menggunakan dua pemain Filipina untuk musim ini, mereka adalah Mike Ott dan Carlie de Murga.

    Meksi kuota pemain ASEAN di Liga 1 2023/2024 telah dilengkapi oleh tim yang akan tampil, tapi sepertinya belum ada nama-nama pemain bintang asal Asia Tenggara yang masuk dalam kategori Grade A yag digaet klub Tanah Air.

    Sejauh ini baru Elias Dolah yang direkrut Bali United dan Song Ui-young milik Persebaya dari Singapura yang cukup menarik.

    Selain itu ada pula Win Naing Tun yang kini berseragam Borneo FC dan Junior Eldstal milik Dewa United yang juga punya label tim nasional.

    Advertisement
    Regulasi Asia Tenggara

    Pemain asal Malaysia Junior Eldstal mengisi regulasi Asia Tenggara di Dewa United.

    Berikut daftar nama-nama pemain ASEAN di Liga 1 2023/2024 yang telah resmi bergabung dengan klub:

    1. Anthony Pinthus (PSS Sleman/Filipina)
    2. Julian Schwarzer (Arema FC/Filipina)
    3. Kike Linares (PSM Makassar/Filipina)
    4. Christian Rontini (Persita Tangerang/Filipina)
    5. Carli de Murga (Barito Putera/Filipina)
    6. Diego Bardanca (Persis Solo/Filipina)
    7. Daisuke Sato (Persib Bandung/Filipina)
    8. Simen Lyngbo (Persik Kediri/Filipina)
    9. Oliver Bias (Persija Jakarta/Filipina)
    10. Dylan de Bruycker (Bhayangkara FC/Filipina)
    11. Mike Ott (Barito Putera/Filipina)
    12. Kainoa Bailey (Persikabo 1973/Filipina)
    13. Kenshiro Daniels (RANS Nusantara FC/Filipina)
    14. Paulo Gali Freitas (PSIS Semarang/Timor Leste)
    15. Win Naing Tun (Borneo FC/Myanmar)
    16. Song Ui-Young (Persebaya Surabaya/Singapura)
    17. Junior Eldstal (Dewa United/Malaysia)
    18. Jacob William Mahler (Madura United/Singapura)
    19. Elias Dolah (Bali United/Thailand).
    Sumber: Berbagai Sumber

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending