Connect with us

    Berita

    Tabir Surya untuk Jerawat, Pahami Cara Pemilihan Sunscreen

    Published

    on

    Tabir Surya

    IndoJurnal – Tabir surya adalah salah satu produk perawatan kulit yang paling penting dalam menjaga kesehatan dan penampilan kulit.

    Oleh karena itu, penggunaan tabir surya untuk jerawat juga harus menjadi rutinitas harian.

    Jadi, para pemilik kulit berjerawat, pemilihan sunscreen yang tepat dan pemahaman tentang cara menggunakannya bisa menjadi hal wajib.

    Pada artikel ini, kamu akan mengetahui pentingnya sunscreen untuk kulit berjerawat, cara memilih produk yang tepat, dan menggunakannya secara benar.

    Sunscreen untuk Jerawat dan Manfaatnya

    Kulit berjerawat cenderung lebih sensitif terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Beberapa alasan pentingnya pemakaian sunscreen untuk kulit berjerawat antara lain:

    Advertisement

    1. Mencegah Perubahan Warna Kulit

    Paparan sinar matahari bisa membuat bekas jerawat dan noda lebih mencolok. Dalam hal ini, sunscreen membantu mencegah perubahan warna kulit dan mempercepat pemulihan.

    2. Melindungi Kulit dari Peradangan

    Sinar UV dapat memicu peradangan pada kulit berjerawat, yang berisiko membuat jerawat semakin merah dan bengkak. Untuk alasan inilah, sunscreen berperan membantu mengurangi risiko peradangan.

    3. Mencegah Penuaan Dini

    Sinar matahari adalah salah satu penyebab utama penuaan dini. Pemakaian sunscreen membantu menjaga kulit tetap muda dan sehat.

    4. Mengurangi Efek Samping Perawatan Jerawat

    Banyak produk perawatan jerawat, seperti retinoid dan benzoyl peroxide, dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

    Jadi , pemakaian sunscreen dapat membantu menghindari efek samping seperti kulit terbakar atau iritasi.

    Advertisement

    Memilih Sunscreen yang Tepat untuk Kulit Berjerawat

    Saat memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

    • Pilih Produk Non-komedogenik

      Sunscreen non-komedogenik tidak akan menyumbat pori-pori dan memicu jerawat baru, sehingga membantu mencegah kulit mengalami masalah yang lebih parah lagi.

    • Pilih yang Tidak Berminyak

      Sunscreen yang berbasis air atau gel cenderung lebih ringan dan sebetulnya cocok untuk jerawat di kulit. Oleh karena itu, hindari sunscreen berbasis minyak yang dapat memperparah kelebihan minyak pada kulit.

    • Pilih Kandungan SPF yang Tepat

      Gunakan sunscreen dengan SPF yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Biasanya, SPF 30 hingga 50 sudah cukup untuk perlindungan sehari-hari. Namun, jika kamu berencana untuk beraktivitas di luar ruangan dalam waktu lama, pertimbangkan untuk menggunakan SPF yang lebih tinggi.

    • Pilih yang Mengandung Zinc Oxide atau Titanium Dioxide

      Bahan-bahan ini adalah blocker fisik yang efektif melindungi kulit dari sinar UV. Maka dari itu, sunscreen yang mengandung zinc oxide maupun titanium dioxide juga cocok untuk kulit berjerawat serta sensitif.

    Cara Menggunakan Sunscreen dengan Benar untuk Kulit Berjerawat

    Selain memilih produk yang tepat, cara mengaplikasikan sunscreen juga penting bagi kulit berjerawat. Ikuti tips berikut ini untuk merasakan manfaat pemakaian sunscreen untuk jerawat di kulit secara optimal.

    • Bersihkan Kulit dengan Lembut

      Sebelum mengaplikasikan sunscreen, pastikan kulit wajah kamu sudah dibersihkan dengan lembut. Gunakan pembersih yang sesuai untuk kulit berjerawat.

    • Gunakan Secara Merata

      Oleskan sunscreen secara merata di seluruh wajah dan leher. Jangan lupa bagian-bagian yang sering terlewatkan seperti telinga, leher, dan area di atas dada.

    • Ulangi Pemakaian pada Kulit

      Sunscreen perlu di-reaplikasi setiap dua jam sekali, terutama jika kamu beraktivitas di luar ruangan atau berenang. Reaplikasi ini membantu mempertahankan perlindungan kulit.

    • Gunakan Sesuai Panduan

      Ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada produk sunscreen. Jika produk tersebut harus dikocok sebelum digunakan, pastikan kamu melakukannya.

    • Kombinasikan dengan Perawatan Lain

      Sunscreen sebaiknya digunakan bersama dengan perawatan lain yang direkomendasikan oleh dokter kulit kamu. Ini bisa termasuk penggunaan krim jerawat atau obat-obatan tertentu.

    Jangan lupa bahwa penggunaan sunscreen harus menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit sehari-hari, terutama jika kamu memiliki jerawat di kulit.

    Perlindungan kulit dari sinar UV adalah investasi dalam kesehatan kulit jangka panjang dan membantu menjaga kulit kamu tetap cerah dan bebas dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

    Baca Berita IndoJurnal di Google News
    BACA JUGA :  5 Aplikasi Video untuk Status WA, Bikin Makin Keren Pastinya!

    Trending