Connect with us

    NEWS

    Toner untuk Kulit Berminyak, Ini Manfaat dan Rekomendasinya

    Published

    on

    Toner untuk Kulit Berminyak

    IndoJurnal – Kulit berminyak bisa menjadi tantangan tersendiri dalam perawatan kulit. Kadar minyak yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah seperti jerawat, komedo, dan kilau berlebihan membutuhkan toner untuk kulit berminyak.

    Dalam artikel ini, kamu bisa mengetahui tips tentang cara memilih toner untuk kulit berminyak dan merekomendasikan beberapa produk terbaik yang juga tersedia di pasaran.

    Pentingnya Toner untuk Kulit Berminyak

    Sebelum kita membahas cara memilih toner yang sesuai, mari kita pahami mengapa toner menjadi elemen penting dalam perawatan kulit berminyak. Toner memiliki beberapa manfaat yang sangat berguna untuk kulit berminyak:

    • Mengontrol Kadar Minyak:

      Toner membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit, sehingga membantu mengatasi masalah kilau berlebihan.

    • Menyegarkan Kulit:

      Toner memberikan sensasi kesegaran pada kulit setelah membersihkan wajah, membantu kulit terasa lebih bersih dan lebih kencang.

    • Membantu Membersihkan Wajah:

      Toner dapat mengangkat sisa-sisa kotoran dan makeup yang mungkin tertinggal setelah mencuci wajah, memastikan kulit benar-benar bersih.

    • Menghidrasi:

      Terlepas dari kontrol minyak, beberapa toner juga mengandung bahan pelembap yang membantu menjaga kulit tetap lembap dan seimbang.

    Tips Memilih Toner untuk Kulit Jenis Berminyak

    Sekarang, mari kita bahas tips-tips penting yang dapat membantu dalam memilih toner yang cocok untuk kulit berminyak:

    • Pilih yang Bebas Alkohol:

      Pertama-tama, hindari toner yang mengandung alkohol tinggi. Alkohol dapat membuat kulit terasa kering dan dapat merangsang produksi minyak berlebih sebagai reaksi.

    • Cari Kandungan yang Mengontrol Minyak:

      Kemudian, pilih toner yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat, asam glikolat, atau niacinamide. Bahan-bahan ini membantu mengontrol produksi minyak dan mengurangi jerawat.

    • Hindari Pewangi yang Kuat:

      Selanjutnya, penting untuk kamu ketahui, produk dengan pewangi yang kuat dapat mengiritasi kulit sensitif dan memicu produksi minyak lebih banyak. Jadi, pilih toner yang bebas pewangi atau memiliki pewangi yang ringan.

    • Cek Kandungan Pelembap:

      Selain itu, beberapa toner juga mengandung pelembap, yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit tanpa meningkatkan kadar minyak. Ini dapat menjadi pilihan baik untuk kulit berminyak.

    • Konsultasikan dengan Dokter Spesialis Kulit:

      Yang tak kalah pentingnya, jika bingung dalam memilih toner yang cocok, sebaiknya berkonsultasi dengan seorang dermatologis atau ahli perawatan kulit. Mereka dapat memberikan saran yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi kulit.

    Toner untuk Kulit Berminyak

    Ilustrasi pemakaian toner. (Freepik)

    Rekomendasi Produk Toner yang Bisa Kamu Pilih

    Di Indonesia, terdapat beberapa merek toner yang cocok untuk kulit berminyak. Berikut adalah beberapa rekomendasi toner yang dapat kamu pertimbangkan:

    1. Emina Clean & Clear Clarifying Toner:

    Produk dari merek lokal Indonesia ini sangat cocok untuk kulit berminyak. Toner ini juga mengandung ekstrak witch hazel yang membantu mengontrol minyak dan membersihkan pori-pori.

    2. Sensatia Botanicals Balancing Facial Toner:

    Sensatia Botanicals adalah merek alami yang menggunakan bahan-bahan organik. Toner ini mengandung ekstrak daun teh hijau dan ekstrak bunga chamomile yang membantu menjaga keseimbangan minyak pada kulit.

    Advertisement

    3. Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Lotion:

    Meskipun lebih dikenal sebagai “lotion,” produk ini sebenarnya juga memiliki konsistensi toner. Formula ini mengandung asam hyaluronic yang memberikan kelembapan sambil mengendalikan minyak berlebih.

    4. Pond’s Pimple Clear Toner:

    Toner ini dikhususkan untuk kulit berminyak yang rentan terhadap jerawat. Mengandung Triclosan yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat serta Allantoin untuk menjaga kulit tetap lembap.

    5. Garnier Micellar Cleansing Water (Untuk Kulit Berminyak):

    Meskipun dikenal sebagai pembersih micellar, Garnier juga memiliki varian untuk kulit berminyak. Micellar water ini dapat digunakan sebagai toner yang membantu membersihkan wajah dan mengontrol minyak.

    6. Biore UV Perfect Bright Milk SPF50/PA++++:

    Meskipun ini adalah sunscreen, banyak orang dengan kulit berminyak menemukan bahwa produk ini dapat digunakan sebagai toner atau dasar makeup karena memiliki formula yang ringan, memberikan perlindungan UV, dan mengontrol minyak sepanjang hari.

    7. Viva Skin Food Toner:

    Produk lokal yang populer di Indonesia, Viva Skin Food Toner mengandung bahan alami seperti ekstrak aloe vera dan chamomile yang membantu menjaga kulit tetap lembap dan menenangkan kulit berminyak.

    8. The Face Shop Clean Face Mild Toner:

    Cocok untuk kulit berminyak yang rentan terhadap jerawat. Toner ini mengandung ekstrak salicylic acid yang membantu mengangkat sel kulit mati dan membuka pori-pori.

    Advertisement

    Pastikan untuk membaca label produk dengan cermat dan memilih toner yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Selain itu, lakukan uji coba terlebih dahulu pada area kecil kulit jika memiliki kulit sensitif atau rentan terhadap reaksi alergi.

    Konsultasikan dengan dermatologis jika memiliki masalah kulit yang lebih serius atau memerlukan saran yang lebih spesifik tentang perawatan kulit.

    Baca Berita IndoJurnal di Google News

    Trending