Connect with us

    Politik

    Workshop ASIAN Computational Material Design (A-CMD) 2023: Kolaborasi Sains Komputasi ITB dengan Osaka University

    Published

    on

    IndoJurnal – Program studi Sains Komputasi Institut Teknologi Bandung (ITB) berkolaborasi dengan para peneliti dari Osaka University menyelenggarakan wokshop ASIAN Computational Material Design (A-CMD) dari tanggal 21-23 September 2023 di Basic science center A ITB Bandung.

    Banyak kolaborasi penelitian yang telah diadakan sejak pertama kali A-CMD diadakan pada tahun 2008.

    Sebelum memulai workshop, sebanyak 90 peserta luring dan daring mendapat pemaparan mengenai Osaka University and International Priority Graduate Program on Applied and Engineering Physics, beberapa penelitian yang dilakukan, dan peluang beasiswa untuk mahasiswa magister dan doktoral. Kegiatan disambut dengan antusias oleh para peserta, baik mahasiswa ITB maupun universitas lainnya.

    Acara dilanjutkan dengan workshop dimana peserta akan diajarkan langsung oleh para expert di bidang komputasi desain material, yakni Prof. Tamio Oguchi, Prof. Yoshitada Morikawa, dan Prof. Kazunari Sato dari Osaka University dan Fahdzi Muttaqien, PhD serta Dr. Atthar Luqman Ivansyah dari Institut Teknologi Bandung.

    BACA JUGA :  Tawarkan Rencana Pengembangan Kereta Api, Kemenhub Ikuti Pameran di China

    Peserta diajarkan bagaimana teknik dasar dari komputasi desain material, beberapa teori kuantum, dan berbagai metode komputasi ab initio, serta diberi fasilitas High Performance Computing (HPC) untuk menunjang praktek selama bereksperimen.

    Advertisement

    Pakar DFT (Density Functional Theory) tersebut menjelaskan dan memberikan contoh penggunaan tentang aplikasi HiLAPW (Hiroshima Linear-Augmented-Plane-Wave), STATE, dan MACHIKANEYAMA2002.

    “Saya berharap bahwa ITB dan Osaka University dapat terus melakukan kolaborasi penelitian maupun pertukaran mahasiswa,” ujar Prof. Tamio Oguchi.

    Program HiLAPW dirancang untuk melakukan penghitungan band-structure dengan berdasarkan pada teori DFT. Aplikasi HiLAPW yang bersifat terbuka dan sesuai untuk bahan magnetik, dan dapat menangani efek relativistik seperti interaksi spin-orbit.

    Lebih dikatan, HiLAPW menghasilkan struktur pita dan memungkinkan relaksasi struktur dengan perhitungan struktur elektronik akurasi tinggi berdasarkan metode Linearized Augmented Plane Wave (LAPW) untuk berbagai sistem.

    BACA JUGA :  Pakai Hak Pilihmu, Inilah Daftar Lengkap Partai Peserta Pemilu 2024

    Sedangkan, program STATE (Simulation Tool for Atom Technology) adalah implementasi plane-wave pseudopotensial dari perhitungan struktur elektronik dan simulasi dinamika molekul ab intio berdasarkan teori fungsional kerapatan.

    Advertisement

    Agenda ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai macam program studi, diantaranya Fisika, Kimia, Teknik Fisika, Teknologi Nano, dan tentunya mahasiswa Sains Komputasi.

    Beberapa mahasiswa juga diturunkan untuk menjadi tutor dalam membantu jalannya workshop, diantaranya Nur Fitriah, Silmi Rahma, dan Ari Sulistyowati dari prodi Sains Komputasi, serta Arini Choir dari prodi Kimia. Lebih lagi, workshop ASIAN Computational Material Design (A-CMD) merupakan acara tahunan sebagai bentuk kolaborasi yang baik antara Institut Teknologi Bandung dan Osaka University dalam hal perkembangan riset penelitian dan studi lanjut.

    Advertisement

    Trending