Connect with us

    Berita

    3 Kali Beruntun, Jateng Raih Penghargaan Provinsi Layak Anak

    Published

    on

    Provinsi Layak Anak

    IndoJurnal – Jawa Tengah di bawah kepemimpinan Ganjar Pranowo tiga kali berturut-turut meraih penghargaan sebagai Provinsi Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

    Penghargaan yang diterima Provinsi Jateng sejak tahun 2021 itu diserahkan Menteri PPPA, Bintang Puspayoga kepada Gubernur Ganjar Pranowo pada Malam Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak 2023 di Semarang pada Sabtu (22/7/2023).

    Ganjar menyebut penghargaan Provinsi Layak Anak ketiga kalinya ini merupakan hasil komitmen Pemprov Jateng dalam mengupayakan suasana aman yang bisa dirasakan anak-anak.

    “Ini sebenarnya bagian ‘achievement’ kita untuk selalu bisa memberikan koreksi sehingga Kota Layak Anak betul-betul bisa terwujud,” katanya.

    Ia mengapresiasi kabupaten/kota yang telah bersama-sama antusias dan berkomitmen penuh dalam mewujudkan perlindungan serta memenuhi hak anak.

    Advertisement

    “Kita harus bisa menunjukkan agar kota layak anak ini betul-betul bisa dirasakan anak-anak, iya saya hidup di kota ini merasa nyaman, merasa aman, dan enak dengan segala akses yang menjadi haknya anak,” ujarnya.

    BACA JUGA :  Desa Wisata Pulisan, Perpaduan Bukit dan Laut di Minahasa Utara
    Baca Juga: Biografi Puan Maharani, Perjalanan Politik Cucu Sang Proklamator

    Bentuk apresiasi atas komitmen kepala daerah

    Menteri PPPA, Bintang Puspayoga dalam sambutannya mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmen kepala daerah dan para penerima lain dalam upaya melaksanakan konstitusi dalam melindungi anak Indonesia.

    “Pemberian penghargaan kabupaten/kota layak anak ini terasa begitu istimewa dengan antusias pemerintah daerah dalam mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak,” katanya.

    Dari 35 kabupaten/kota di Provinsi Jateng yang mendapatkan penghargaan tercatat 15 kabupaten/kota mendapat predikat madya, enam kabupaten/kota dapat predikat pratama, tiga kabupaten/kota dapat predikat utama, dan sebelas kabupaten/kota mendapat predikat nindya.

    Sebelumnya pada tahun 2018 dan 2019, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menerima penghargaan Penggerak Provinsi Layak Anak dari Kementerian PPPA.

    Advertisement

    Ganjar terus mendorong dan membina kepala daerah di 35 kabupaten/kota satu napas mewujudkan Kota Layak Anak dan hasilnya sejak 2021 Jateng berhasil menjadi Pelopor Provinsi Layak Anak.

    BACA JUGA :  Survei Capres: Prabowo Terbang Tinggi, Isu Dukungan Jokowi Menguat
    Sumber: Antara News

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending