Connect with us

    Politik

    Apa Kegunaan SKCK? Kenali Lebih dalam Cara Pembuatan dan Fungsinya

    Published

    on

    Apa kegunaan SKCK. (Shutterstock)

    IndoJurnal – Persyaratan lamaran di BUMN atau CPNS untuk beberapa posisi mengharuskan menyertakan SKCK sebagai bagian dari syaratnya. Lalu, apa kegunaan SKCK? Kenapa menjadi penting sebagai bagian dari persyaratan lamaran?

    Apa itu SKCK?

    SKCK punya kepanjangan Surat Keterangan Catatan Kepolisian. SKCK dikeluarkan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

    Biasanya SKCK digunakan sebagai bagian dari persyaratan untuk sejumlah pengurusan, antara lain melamar pekerjaan, pindah alamat, dan beberapa untuk pindah sekolah.

    Kenapa SKCK penting?

    SKCK dianggap penting karena sebagai bukti bahwa seseorang memiliki sikap dan kelakukan baik, serta belum pernah terjerat atau melanggar hukum bahkan melakukan tindak kejahatan.

    SKCK dulu bernama Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB). Namun, dulu SKKB cuma bisa diberikan kepada orang yang memang tidak pernah melakukan kejahatan.

    Advertisement

    Lalu apa kegunaan SKCK?

    Fungsi SKCK ini bisa dibedakan berdasarkan tempat surat ini diterbitkan. Yuk, kita lihat perbedaannya.

    1. Mabes Polri

    SKCK yang dimohonkan di sini biasanya untuk keperluan yang luar biasa. Misalnya, pencalonan presiden dan wakil presiden, anggota legislatif, eksekutif, yudikatif, dan pemerintahan pusat.

    BACA JUGA :  6 Cara Alami Mengatasi Gangguan Sulit Tidur atau Insomnia

    Lainnya adalah penerbitan visa, ijin tinggal tetap di luar negeri, naturalisasi kewarganegaraan, sekolah ke luar negeri, sampai adopsi untuk pemohon WNA.

    BACA JUGA: Link Download GTA San Andreas APK Terbaru, Main Tambah Seru
    2. Polda

    Untuk tingkat polda, dibutuhkan untuk melamar pekerjaan, mendapatkan paspor atau visa, keinginan bekerja di luar negeri, menjadi notaris, pencalonan pejabat publik dan legislatif tingkat provinsi, dan kepala daerah tingkat provinsi.

    Advertisement
    3. Polres

    Di tingkat ini, lebih kecil lagi peruntukannya. SKCK di sini untuk kebutuhan pencalonan legislatif tingkat kabupaten/kota, melamar PNS dan TNI/Polri, kepemilikan senjata api, melamar pekerjaan, dan pencalonan pejabat publik serta kepala daerah tingkat kabupaten/kota.

    4. Polsek

    Di lokasi ini SKCK hanya untuk melamar pekerjaan, pencalonan kepala desa dan sekdes, pindah alamat, dan melanjutkan sekolah.

    BACA JUGA: Seorang Ibu Meninggal usai Melahirkan 5 Anak, Keluarga Cari Pendonor ASI!

    Cara membuat SKCK

    Kamu ingin membuat SKCK dan kebingungan bagaimana membuatnya? Ada dua cara yang bisa dilakukan. Kamu bisa melakukannya baik offline atau online.

    Untuk offline, kamu bisa membawa semua persyaratan langsung ke loket pelayanan SKCK di kepolisian tergantung kebutuhannya. Nanti kamu harus mengisi formulir yang disediakan. Dan, ikuti semua prosesnya.

    BACA JUGA :  Pembuatan SKCK Offline, Berapa Lama? Simak Ulasannya

    Sedangkan untuk permohonan secara online, per 20 maret 2023, semuanya dipindahkan melalui aplikasi Presisi Polri yang bida diunduh di Google Play Store dan App Store.

    Advertisement

    Aplikasi super Presisi Polri ini memang telah dijadikan sebagai wadah seluruh pelayanan publik Polri.

    Untuk biaya pembuatan, biasanya kamu akan akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 30 ribu. Sedangkan untuk WNA akan dikenakan biaya Rp 60 ribu.

    Jika ingin membayar secara online biasanya akan disetor ke nomor rekening BRI.

    BACA JUGA: Glory Glory Ganjar Presiden! Bergema Lantang di Halaman Gelora Bung Karno

    Syarat pembuatan SKCK

    • KTP asli beserta fotokopi
    • Fotokopi kartu identitas lain apabila belum memenuhi syarat untuk mendapatkan KTP
    • Fotokopi paspor
    • Fotokopi akta lahir
    • Foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 6 lembar dengan latar belakang merah dan muka tampak utuh

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending