Connect with us

    Politik

    Cara Mengamalkan Ayat Seribu Dinar untuk Mendapat Keberkahan

    Published

    on

    Ayat Seribu Dinar

    IndoJurnal –  Ayat Seribu Dinar merupakan bacaan doa pendek yang amat penting untuk kamu amalkan, tetapi sayangnya tak banyak orang yang mengetahui hal tersebut.

    Padahal ayat ini dalam Al-Quran memiliki manfaat dan kebaikan besar bagi setiap sisi kehidupan, terutama jika kamu mengamalkannya setiap hari sebelum memulai aktivitas.

    Mengenal Ayat Seribu Dinar

    Ada banyak cara untuk menjalani hari dengan hal-hal yang bermanfaat. Misalnya, kamu bisa belajar untuk meningkatkan pengetahuan dan ilmu, atau mengisi waktu luang dengan berdoa.

    Salah satu doa yang bisa kamu baca secara rutin adalah Ayat Seribu Dinar yang kabarnya memiliki banyak manfaat dan kebaikan. 

    Pertanyaannya, apa saja keutamaan dari ayat ini dan bagaimana cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari?

    Advertisement

    Ayat ini termasuk salah satu ayat yang terkenal dalam Alquran selain Ayat Kursi. Ayat ini bisa kamu temukan dalam Surat Ath-Thalaq, tepatnya pada ayat 2 dan 3.

    Ayatnya tidak begitu panjang sehingga kamu pasti bisa menghafalnya dengan mudah. Berikut ini adalah bacaan dari ayat tersebut:


    وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا ۙ وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

    BACA JUGA :  Survei LSN: Non Muslim Cenderung Tolak Anies Baswedan

    “Wa may yattaqillāha yaj’al lahụ makhrajā. wa yarzuq-hu min ḥaiṡu lā yaḥtasib, wa may yatawakkal ‘alallāhi fa huwa ḥasbuh, innallāha bāligu amrih, qad ja’alallāhu likulli syai`ing qadrā.”

    Artinya: Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.

    Advertisement

    Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, penting bagi kamu untuk melakukan amalan yang bermanfaat, termasuk bersedekah, berinfak, atau mengamalkan ayat satu ini.

    Dengan menerapkan makna dari ayat ini dalam aktivitas, kamu dapat meraih banyak keberkahan dan kebaikan dalam hidup.

    Ayat Seribu Dinar

    Ilustrasi seseorang yang sedang membaca Al-Quran. (Freepik)

    Baca Juga: Ikhtiar dan Doa Meluluhkan Hati Seseorang dalam Ajaran Islam

    Bagaimana mengamalkannya?

    Mengamalkan Ayat Seribu Dinar dalam kehidupan sehari-hari ternyata tidaklah sulit. Terdapat beberapa waktu yang dapat kamu pilih untuk mengamalkannya.

    BACA JUGA :  Peringati 25 Tahun Reformasi, Ganjar Pranowo Bertemu Mahasiswa se-Indonesia

    Waktu yang paling baik untuk membaca atau mengamalkan ayat ini adalah setiap hari setelah sholat Subuh atau Maghrib. 

    Selain itu, setelah sholat Isya atau sebelum tidur juga menjadi waktu yang mujarab untuk membaca ayat ini guna mendapat ketenangan dan kedamaian.

    Bahkan, kamu juga bisa membaca sebelum berangkat bekerja, dengan harapan Allah SWT akan memberikan kelancaran dan kemudahan dalam pekerjaan.

    Advertisement

    Pada malam hari, khususnya sepertiga malam juga menjadi waktu yang sangat baik untuk memanjatkan doa. Ayat Seribu Dinar bisa kamu baca setelah menunaikan sholat hajat atau sholat tahajud. 

    Jika kesulitan untuk mengamalkan setiap hari, kamu dapat mencoba memulai membacanya secara rutin selama tiga hari berturut-turut, yaitu pada hari Rabu, Kamis, dan Jumat.

    Sebagai langkah awal sebelum melafalkan doa, sebaiknya kamu baca Surat Al-Qadr sebanyak enam kali. 

    Dengan begitu, manfaat dan keberkahan dari ayat ini dapat kamu rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Penting untuk kamu ingat bahwa keutamaan tersebut berdasarkan keyakinan dan pengalaman mereka dalam mengamalkan ayat ini. 

    Sumber: Dompetdhuafa.org dan Kemenag

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Advertisement

    Trending