Connect with us

    Berita

    Cara Terbaru Cek Bansos 2023, Lebih Mudah Melalui Online

    Published

    on

    Cek Bansos

    IndoJurnal – Pemerintah melalui Kementerian Sosial telah menyediakan layanan melalui situs kemensos.go.id pada tahun 2023 untuk memeriksa bantuan sosial (bansos), yang bertujuan untuk memungkinkan masyarakat melihat dan cek bansos. 

    Bansos sendiri merupakan kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang kurang mampu. Adapaun kriteria untuk penerima bansos meliputi keluarga yang terdaftar dalam program Keluarga Harapan (PKH) dan menerima bantuan pangan non tunai. 

    Jenis program bantuan sosial

    Pilihan atau jenis bantuan sosial yang pemerintah sediakan pada tahun 2023 ini meliputi bantuan untuk keluarga, BLT hingga bantuan dalam bentuk sembako. Berikut jenis program bantuan sosial yang berasal oleh Kementerian Sosial:

    1. Program Keluarga Harapan (PKH)

    Program ini memberikan bantuan uang kepada keluarga yang berada dalam kondisi miskin dan rentan. Bantuan tersebut bertujuan untuk meningkatkan akses terhadap pendidikan, kesehatan, dan gizi bagi anggota keluarga yang membutuhkan.

    2. Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

    Program BPNT memberikan bantuan berupa kartu elektronik yang dapat digunakan untuk membeli kebutuhan pangan ke warung atau toko tertentu. Tujuan dari program ini adalah untuk memastikan keluarga miskin memiliki akses yang memadai terhadap pangan.

    Advertisement

    3. Program Sembako

    Program ini menyediakan bantuan pangan pokok berupa paket sembako kepada keluarga miskin. Paket sembako tersebut umumnya berisi beras, minyak goreng, gula, telur, mie instan, dan bahan pangan pokok lainnya.

    BACA JUGA :  Sudah Cair pada 30 Mei, Ketahui Cara Cek Penerima KJP 2023

    4. Bantuan Langsung Tunai (BLT)

    BLT memberikan bantuan uang secara langsung kepada keluarga miskin atau rentan. Bantuan dari program pemerintah ini dapat kamu pakai sesuai dengan kebutuhan mendesak.

    5. Bantuan Pribadi Produktif (BP2)

    Program BP2 memberikan bantuan kepada orang-orang yang memiliki potensi untuk meningkatkan keterampilan atau memulai usaha mandiri. Bantuan yang bisa kamu cek melalui https://dtks.kemensos.go.id/login/daftar-online ini bertujuan untuk membantu penerima dalam mengembangkan keterampilan dan meningkatkan kesejahteraan dalam ekonomi.

    Cek Bansos

    Petugas dari Kemensos memberikan bantuan sosial atau bansos.

    Cara mudah cek bansos dari kementerian

    Setelah mengetahui apa saja jenis bansos dari pemerintah, sekarang kamu perlu tahu bagaimana cara cek bansos yang mudah dan praktis. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba, yaitu: 

    1. Melalui Situs Web Resmi Kemensos

    Cara cek bansos pertama yaitu mengunjungi situs web resmi Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos) di www.kemensos.go.id. Cari menu atau bagian yang terkait dengan program bantuan sosial seperti PKH, BPNT, atau program lainnya. 

    Pada situs tersebut biasanya terdapat informasi mengenai cara terbaru untuk melakukan pengecekan bansos melalui bansos.kemensos.go.id tahap 1 dan prosedur penyalurannya.

    Advertisement

    2. Menghubungi Call Center Kemensos

    Cek bansos juga bisa dengan menghubungi call center Kemensos melalui nomor telepon 1500-727. Sampaikan kepada petugas call center bahwa kamu ingin mengetahui cara terbaru untuk melakukan pengecekan bansos.kemensos.go.id 2023 tahap 1 dan berikan informasi yang memang perlu untuk memverifikasi status dan kelayakan sebagai penerima bansos.

    BACA JUGA :  Mau Cek Status Bansos? Kini Bisa Dipantau Melalui Aplikasi

    3. Mengunjungi Kantor Kemensos atau Dinas Sosial

    Jika ingin mendapatkan bantuan lebih langsung, kamu bisa mengunjungi kantor Kemensos atau Dinas Sosial yang berada pada daerah domisili. Petugas akan membantu kamu dalam memperoleh informasi terbaru mengenai cara cek bansos.kemensos.go.id 2023 hari ini dan memberikan informasi yang kamu butuhkan.

    Baca Juga: 5 Mata Uang Termahal di Dunia, Nilai Tukarnya Fantastis!

    4. Aplikasi resmi Kemensos

    Kemensos juga menyediakan aplikasi mobile resmi seperti dtks.kemensos.go.id dan cek bansos yang dapat kamu unduh pada ponsel. Aplikasi tersebut memberikan informasi terkait program bansos Kemensos, status penerimaan, dan mekanisme penyaluran bantuan. 

    Pastikan kamu memiliki informasi untuk login ke bansos.kemensos.go.id, seperti nomor Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), atau nomor identifikasi lainnya yang perlu untuk memverifikasi status sebagai calon penerima bansos.

    Setelah cek bansos, kamu pun perlu mengetahui bahwa waktu pencairan bantuan sosial (bansos) dapat berbeda tergantung pada program yang kamu terima. Pemerintah memiliki jadwal pencairan, tetapi lama atau tidaknya waktu pencairan dapat bervariasi karena proses verifikasi data, kebijakan pemerintah, dan prosedur administratif. 

    Advertisement
    Sumber: MediaIndonesia.com, Kemensos

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending