Connect with us

    Berita

    Cawapres Prabowo, Golkar Tawarkan Airlangga dan Ridwan Kamil

    Published

    on

    Cawapres Prabowo

    IndoJurnal – Bukan hanya Airlangga Hartarto, Partai Golkar juga mengajukan nama Ridwan Kamil untuk menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto.

    Tawaran ini diunggap oleh Ketua DPP Golkar Dave Laksono usai partainya memutuskan bergabung dengan koalisi bersam Partai Gerindra, PKB, dan PAN.

    “Kami masih berdiskusi untuk mendapatkan posisi cawapres. Golkar memiliki sejumlah kader, selain Airlangga, ada Ridwan Kamil,” kata Dave di kompleks parlemen DPR RI, Jakarta pada Rabu (16/8/2023).

    Terkait pengajuan dua nama cawapres dari Golkar tersebut, Dave menyebut masih dalam tahap penjajakan dengan partai lainnya di dalam koalisi.

    Hingga kini menurut Dave, Golkar masih ingin menjaga hasil Musyawarah Nasional (Munas) dengan mencalonkan presiden atau cawapres pada Pilpres 2024.

    Advertisement

    Tapi putra dari Agung Laksono itu juga memahami kalau kondisinya masih sangat dinamis, artinya semua partai juga menyiapkan nama cawapres lainnya.

    BACA JUGA :  Jelang Lebaran, Cak Imin Bagi-bagi Sembako di Stasiun Gambir

    “Golkar berpegang pada hasil munas. Misalnya nanti dalam pembicaraan bisa mengarah kepada salah satu (Airlangga atau Ridwan Kamil), kami lihat perkembangan karena dinamika masih berjalan,” ujarnya.

    Namun Golkar juga tidak akan memaksakan terkait cawapres. Partai berlambang pohon beringin itu lebih memilih untuk berdiskusi dengan mitra koalisi untuk hasil terbaik.

    BACA JUGA: Loyalis Presiden Jokowi Kesal Kubu Prabowo Rajin Sebar Hoaks

    Golkar dan PAN Resmi Dukung Prabowo Subianto

    Sebelumnya Golkar dan PAN resmi mendukung Ketua Umum  Gerindra yang saat ini juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, sebagai calon presiden (capres) pada gelaran Pilpres 2024.

    Pengumuman ini dilakukan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi (Munasprok) Jakarta, Minggu (13/8/2023). Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto menghadiri deklarasi tersebut.

    Advertisement

    “Kami memutuskan untuk memberikan dukungan kepada Letnan Jenderal Prabowo Subianto sebagai calon presiden Periode 2024-2029,” kata Zulkifli.

    BACA JUGA :  Perbedaan Antara Vegan dan Vegetarian, Sering Dikira Sama

    Airlangga juga berharap Prabowo dapat mengawal Indonesia menuju masa depan yang lebih baik. Ia mengungkapkan, Golkar melihat kepemimpinan Prabowo sangat tepat dalam membawa Indonesia terbebas dari jebakan pendapatan menengah atau middle income trap.

    Ridwan Kamil Ikut Arahan Golkar

    Menurut Kang Emil, sebagai kader partai dirinya harus memberikan dukungan apapun yang menjadi keputusan Ketua Umum Airlangga Hartarto. Termasuk dalam penentuan bakal cawapres Prabowo.

    Sebelumnya nama Ridwan Kamil mencuat sebagai salah satu kader Golkar yang disodorkan untuk mendampingi Prabowo. Namun dirinya enggan berkomentar lebih lanjut.

    “Saya enggak tahu, kita bicara fokus yang pasti-pasti aja hari ini. Pilihan saya kan banyak, gubernur lagi Jawa Barat banyak sekali yang menginginkan,” ungkap Kang Emil ketika ditanya soal peluangnya menjadi cawapres.

    Advertisement

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

     

    Trending