Connect with us

    Berita

    Faktor Gus Dur Bikin KH Yazid Jember Memilih untuk Dukung Mahfud MD

    Published

    on

    Dukung Mahfud MD

    IndoJurnal – Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Qarnain, Jember, Jawa Timur, KH. Yazid Karimullah menyatakan dukungan kepada tokoh nasional Mahfud MD sebagai calon wakil presiden di Pemilu 2024.

    “Tentang masalah (Pilpres) 2024, saya bulat memang saya pecinta penerusnya kiai Abdurrahman Wahid antara lain Mahfud MD. Jadi, saya mengatakan yang setulus-tulusnya,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta pada Kamis (23/11/2023).

    Hal itu disampaikan Yazid saat menerima kunjungan Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Zannubah Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid di Ponpes Nurul Qarnain, Jember, Jawa Timur.

    Kiai Yazid pun menceritakan alasannya mendukung Mahfud MD Menurutnya, pada tanggal 30 Mei 2023, Mahfud MD mengutus sekretaris yang bernama Lamam untuk datang menemui dirinya untuk meminta tolong agar melakukan istikharah.

    “Meminta tolong kepada saya untuk istikharah, kalau umpama maju (cawapres) kira-kira bagaimana? Jadi tidak serta merta, bukan ambisi menjadi calon. Jadi masih tanya kepada Allah, minta petunjuk kepada Allah,” ungkapnya.

    Advertisement

    Setelah istikharah, beberapa hari kemudian kiai Yazid memberikan jawaban bahwa Mahfud MD cocok dengan capres tertentu yang kemudian dilaporkan kepada utusan Mahfud itu.

    “Jadi bukan seenaknya kita mendukung. Jadi, saya paling tidak minta petunjuk,” ujarnya.

    Pada tanggal 24 Oktober 2023, Mahfud MD datang ke pondok pesantren Nurul Qarnain, namun dalam silaturahim tersebut tidak ada sedikitpun membicarakan terkait politik.

    BACA JUGA :  Cek Ini! 5 Opsi Pinjaman Online Tanpa Jaminan, Mudah dan Aman

    “Beliau datang ke Nurul Qarnain tapi tidak membicarakan tentang politik sekalimat pun, nggak ada. Dengan saya nggak pernah berbicara politik pada saat datang ke sini,” ungkapnya.

    Kiai Yazid juga mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas kehadiran Yenny Wahid di ponpes tersebut.

    Advertisement

    “Kami selaku pengasuh merasa bangga dan gembira karena penerus hadratus almarhum, KH Abdurrahman Wahid hadir di tengah kita dalam rangka silaturahim,” katanya.

    Sementara itu, Yenny Wahid dalam kesempatan ini mengaku bangga terhadap pondok pesantren Nurul Qarnain karena menjadi salah satu pelopor Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.

    “Saya senang sekali bahwa ada pondok pesantren yang punya komitmen besar untuk mengatasi masalah dunia dengan melibatkan para santri. Masalah dunia mulai dari kelaparan, perubahan iklim, pemanasan global dan lainnya,” katanya.

    Ganjar Pranowo Incar Kemenangan di Jawa Timur

    Capres Ganjar Pranowo mengatakan seluruh barisan relawan harus bergotong royong memenangkan wilayah Jawa Timur demi mencetak hattrick atau tiga kemenangan beruntun di Pilpres 2024.

    “Sabar dalam berjuang dan jaga kekompakan agar bisa menang hattrick, Jawa Timur ini wilayah yang bisa didapatkan,” kata Ganjar dalam keterangannya di Surabaya pada Kamis (23/11/2023).

    BACA JUGA :  Presiden Jokowi Resmi Lantik Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI

    Pernyataan tersebut juga disampaikan Ganjar di hadapan ratusan relawan yang berkumpul di Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Timur, di Surabaya pada Rabu (22/11/2023) malam.

    Advertisement

    Ganjar tidak menampik kubu pesaingnya juga mengincar kemenangan di wilayah Jawa Timur, saat ajang pemilihan kepala negara tahun depan.

    Namun, dia menyatakan kerja sama antara relawan dan para partai pengusung mampu memuluskan langkah menjadikan wilayah setempat sebagai kantong kemenangan.

    “Jawa Timur menjadi kunci kemenangan Ganjar-Mahfud, Jawa Timur itu penting makanya semua suka datang ke sini,” ucapnya.

    Oleh karenanya, dia meminta seluruh simpatisannya agar merapatkan barisan internal masing-masing terlebih dahulu, sebelum terjun secara masif ke masyarakat, saat masa kampanye nanti.

    “Jaga suara kami dulu, amankan dulu, baru keluar dan tarik masyarakat masuk,” ucapnya.

    Advertisement

    “Kedua, teman-teman ceritakan Ganjar-Mahfud tanpa henti, sama-sama menjaga integritas dan berkomitmen kepada agenda reformasi pemberantasan KKN,” katanya menambahkan.

    Para relawan di Jawa Timur juga diingatkan tetap menjaga etika selama melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat, sekaligus tak gampang terpancing provokasi pihak-pihak tak bertanggung jawab.

    “Gunakan kalimat yang baik, jangan mencederai dan menyakit hati orang. Tim Pemenangan Nasional (TPN) dan TPD sudah bekerja, nanti mereka komunikasi intens dan untuk membantu menyampaikan program ke rakyat dengan cara-cara baik,” kata dia.

    Baca Berita IndoJurnal di Google News

    Trending