Connect with us

    Politik

    Ini 8 Tips Memilih Jurusan Kuliah, Pelajari Biar Gak Menyesal

    Published

    on

    Tips Memilih Jurusan Kuliah

    IndoJurnal – Sebentar lagi lulus SMA? Belum menentukan mau kuliah apa? Simak tips memilih jurusan kuliah biar gak galau di masa depan.

    Pertanyaan tersebut pasti pernah dilontarkan oleh mayoritas mahasiswa. Hanya sedikit yang tahu akan kuliah di jurusan apa.

    Padahal dengan memilih jurusan perguruan tinggi yang tepat, kamu bisa menyusun masa depan sejak awal. Bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan gaji tinggi dan karier yang menjanjikan.

    Pemilihan jurusan kuliah yang tepat juga membantumu untuk tidak cepat bosan dan dengan senang hati menjalankannya.

    Untuk itu, ajukan beberapa pertanyaan ini sebagai tips memilih jurusan kuliah yang bisa kamu pertimbangkan.

    1. Apa minatku?

    Ajukan pertanyaan ini dirimu sendiri. Dengen mengetahui minatmu, kamu bisa lebih termotivasi dan tidak cepat bosan saat menjalankan perkuliahan. Bagaimana caranya mencari tahu?

    Advertisement

    Dari mengetahui minat ini, kamu bisa memilih jurusan kuliah yang sesuai. Hal ini menjadi penting karena menjalankan kuliah tidak seperti kamu menggunakan smartphone. Saat bosan, tinggal jual dan ganti.

    Dengan memilih sesuai minat, kamu pun bisa mengembangkan sendiri ilmu yang kamu. Dalam kata lain, kamu tahu akan kerja apa setelah lulus bahkan bukan tidak mungkin bisa membuka pasar yang baru.

    Jadi, saat kamu suka dengan hal-hal yang kreatif, seperti desain, fotografi, atau menggambar, jurusan desain komunikasi visual (DKV) bisa jadi jurusan yang tepat untuk kamu.

    Sedangkan kalau kamu suka menulis, kamu bisa pilih jurnalistik. Kalau minat kamu terhadap hal yang berbau eksakta, beragam jurusan teknik adalah pilihan yang rasional.

    2. Mau kerja apa?

    Pertanyaan ini juga relevan untuk ditanyakan bagi kamu yang lebih visioner. Beberapa orang rela mengecilkan minatnya demi mendapatkan gaji besar setelah lulus.

    Advertisement

    Hal ini bisa menjadi motivasi yang berbeda dalam hal memilih jurusan kuliah.

    BACA JUGA :  Cari Tiket Pesawat Promo Lion Air, Pelajari Caranya!

    Oleh karena itu, ada baiknya kamu meninjau kebutuhan pasar kerja juga. Pastikan jurusan yang kamu pilih nantinya mempunyai prospek kerja yang bagus.

    Untuk mengetahui hal ini, kamu bisa berbicara dengan para profesional atau menganalisa sendiri dari situs penyedia karier.

    3. Aku bisa apa?

    Keterampilan dan minat bisa jadi sama, bisa juga berbeda. Misalnya, kamu terampil dalam menulis, tetapi minat kamu adalah politik. Kamu berarti punya dua pilihan, yaitu kuliah di sosial politik atau jurnalistik?

    Oleh karena itu, pertimbangkan juga keterampilan apa yang ingin kamu kembangkan. Keterampilan juga bisa menjadi nilai tambah tersendiri.

    Advertisement

    Misalnya, kamu terampil bermain basket. Kamu bisa memilih universitas atau bahkan jurusan yang memiliki tim basket yang kuat. Maka ketahui keterampilanmu juga menjadi bagian dalam memilih jurusan kuliah.

    BACA JUGA: Link Download GTA San Andreas APK Terbaru, Main Tambah Seru
    4. Apa yang dipelajari?

    Setiap jurusan memiliki struktur kurikulum dan mata kuliah yang berbeda.

    Pertimbangkan mata kuliah yang akan diajarkan dan pastikan bahwa materi pembelajaran dapat membantu kamu membangun keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan karir.

    5. Seperti apa kampus dan lingkungan sosialnya?

    Tips memilih jurusan kuliah selanjutnya adalah mencari tahu kampus dan lingkungan sosialnya. Hal ini penting untuk diketahui karena ukuran kampus, lokasi, fasilitas, UKM, hingga interaksi mahasiswa dengan dosen sangat memengaruhi saat sudah berkuliah.

    Maka itu, coba lakukan studi dulu dari situs web kampus tersebut. Cari tahu semuanya agar kamu tetap termotivasi untuk sukses saat kuliah di sana.

    Advertisement
    6. Berapa biayanya?

    Biaya menjadi faktor penting dalam memilih kuliah. Jika kamu gagal mendapatkan slot di universitas negeri, biaya menjadi penting saat ingin kuliah karena harus memilih universitas swasta.

    BACA JUGA :  Mengurangi Antrian, VClaim BPJS Kesehatan Bikin Berobat Lebih Nyaman

    Selain biaya masuk dan semester, kamu juga harus mencari tahu biaya hidup jika ingin kos, biaya transportasinya, dan tentu biaya sosialnya. Cari tahu juga beasiswa di kampus tersebut, apakah tersedia.

    Lainnya, kamu bisa menanyakan juga apakah tersedia pinjaman atau program asistensi keuangan baik dari kampus maupun instansi lain.

    BACA JUGA: Seorang Ibu Meninggal usai Melahirkan 5 Anak, Keluarga Cari Pendonor ASI!
    7. Bagaimana reputasinya?

    Reputasi kampus menjadi bagian penting dalam menyusun masa depan. Reputasi yang baik jelas membantu kamu saat lulus nanti.

    Beberapa perusahaan tentunya juga akan melihat reputasi kampusmu. Hal ini tanpa mengecilkan kampus lain. Namun, ini sudah menjadi fakta di dunia kerja.

    Advertisement
    8. Siapa yang bisa membantu?

    Kamu jangan takut untuk mencari saran dari konselor pendidikan. Jika tidak ingin, cobalah untuk mencari tahu dari mahasiswa senior atau mungkin mengunjungi langsung kampus-kampus yang memang sudah masuk daftar kamu.

    Dari situ, kamu bisa tahu proses aplikasinya dan mengenalkan kelebihan-kelebihannya. Selain itu, kamu juga bisa tahu fasilitas dan kesempatan yang ada di kampus.

    BACA JUGA: Glory Glory Ganjar Presiden! Bergema Lantang di Halaman Gelora Bung Karno

    Demikianlah tips memilih jurusan kuliah yang bisa kamu terapkan. Pastikan semuanya dilakukan benar-benar dan pemilihan bukan karena ikut-ikutan teman.

    Sebab, masa depan teman, belum tentu sesuai dengan masa depan kamu. Selamat memilih dan semoga sukses.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Advertisement

    Trending