Connect with us

    Berita

    Semakin Mudah, Ini 5 Aplikasi Tanda Tangan Digital

    Published

    on

    Aplikasi untuk Tanda Tangan Digital

    IndoJurnal – Saat ini dokumen digital sudah mulai perlahan mengganti dokumen fisik. Bagi kamu yang bekerja secara remote, sudah dipastikan kamu membutuhkan aplikasi untuk tanda tangan digital.

    Pandemi kemarin memang membuat perubahan di dunia digital semakin cepat. Kebutuhan untuk bekerja di tengah pandemi membuat developer aplikasi membuat cara untuk bisa melakukan approval dokumen secara online.

    Alih-alih memalsukan tanda tangan, dokumen tetap bisa ditandatangani tanpa perlu hadir secara fisik, namun tetap sah. Bahkan dengan aplikasi ini, dokumen juga bisa langsung diterima secara digital juga.

    Aplikasi tanda tangan digital

    1. Adobe Fill & Sign

    Adobe merupakan perusahaan yang terdepan dalam membuat aplikasi untuk bekerja, tak terkecuali tanda tangan digital.

    Aplikasi ini layak dicoba karena fiturnya, yaitu memindai dokumen dan menandatanganinya. Aplikasi ini bisa digunakan secara digital, namun jika membutuhkan fitur lebih lengkap, kamu bisa membayarnya.

    Advertisement
    BACA JUGA: Demi Pendidikan Anak-anak, TNI Sulap Pendopo jadi Taman Baca di Perbatasan Papua
    2. Docusign

    Ini adalah aplikasi tandatangan digital yang populer. Kamu cukup buka aplikasi, pilih dokumennya, dan tandatangan, kemudian kirim.

    Menariknya, kamu bisa menyimpan tanda tangan kamu sehingga tidak perlu mengulang. Hal ini sangat berguna jika dokumen yang kamu tanda tangani ada banyak. Aplikasi ini punya biaya langganan.

    BACA JUGA: TGB Ungkap Fakta Soal Pembangunan Jalan di Era Jokowi, Anies Baswedan Kurang Data?
    3. Privy

    Ini adalah salah satu aplikasi untuk tanda tangan digital terbaik karena menawarkan fitur keamanan berlapis. Sehingga tanda tangan kamu tidak bisa sembarangan dibubuhkan.

    Jadi sebelum tanda tangan, kamu harus login dan memasukan OTP dan memverifikasi dengan fitur biometrik. Privy juga mengenkripsi terhadap dokumen agar terjamin validitas dan legalitasnya.

    BACA JUGA :  Menekan Polusi, Pemprov Jakarta Akan Perbanyak Bus Listrik
    4. Odoo Sign

    Aplikasi ini terintegrasi dengan aplikasi CRM perusahaan. Jadi, dengan aplikasi ini, banyak tugas manjerial bisa dilakukan.

    Advertisement

    Tenang saja, tanpilannya tidak bikin ribet kok. Sayangnya beberapa fiturnya harus bayar dan free trial cuma 15 hari saja dan baru bisa digunakan untuk perusahaan di Amerika Serikat dan Eropa.

    BACA JUGA: West Bandits Solo Alami Kesulitan Finansial, IBL Terus Berupaya Carikan Solusi
    5. Mekari e-sign

    Aplikasi ini menawarkan fitur lengkap, tidak hanya tanda tangan elektronik, tetapi juga e-materai hingga kontrak elektronik. Semuanya bisa dilakukan hanya dalam beberapa klik.

    Dengan nama besar Mekari, dokumen kamu semua diamankan dengan sistem keamanan terbaik. Menariknya, semua bisa dilakukan gratis, kecuali kamu ingin upgrade untuk mendapatkan fitur tambahan lainnya.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Advertisement
    Advertisement

    Trending