Connect with us

    Berita

    6 Ide Menu Bekal untuk Anak TK yang Sehat dan Praktis

    Published

    on

    Bekal Anak TK

    IndoJurnal – Untuk menunjang tumbuh kembang Si Kecil, kamu tidak boleh asal saat menyiapkan bekal anak TK. Menu bekal harus sehat, tapi juga praktis, agar tidak repot di pagi hari.  

    Nah, bagi kamu yang masih sering bingung menyiapkan bekal untuk anak TK, ada beberapa rekomendasi menu yang bisa kamu coba. Yuk simak!

    Ide menu bekal anak TK

    1. Nasi Goreng Sayur

    Bicara soal menu bekal praktis, nasi goreng tentu wajib masuk dalam daftar. Agar jadi bekal yang kaya nutrisi, kamu bisa tambahkan aneka sayur di dalam nasi goreng yang kamu buat. 

    Seperti brokoli, wortel, kacang polong, atau buncis. Agar anak semangat makan sayur, campurkan juga sosis, bakso, atau daging ayam kesukaannya. 

    Cara buatnya sama seperti nasi goreng pada umumnya. Tumis dahulu bawang merah dan bawang putih, tambahkan telur, sosis, dan terakhir sayur-sayuran. Selanjutnya, bumbui dengan garam, saus tiram, dan kecap manis. 

    Advertisement

    2. Sandwich Tuna

    Salah satu ide bekal anak TK yang praktis dan juga sehat adalah sandwich tuna. Ikan tuna merupakan sumber nutrisi yang penting bagi kesehatan anak. Kamu juga bisa tambahkan selada, tomat, timun, dan keju. 

    Cara membuatnya, siapkan dua lembar roti tawar, oleskan mayones pada satu sisi roti. Setelah itu, tambahkan tuna kalengan, sayuran, dan keju, lalu tutup dengan selembar roti.

    3. Omelette

    Omelette merupakan menu bekal sehat untuk anak TK yang bisa jadi pilihan. Bahan dasarnya adalah telur, tetapi kamu dapat menambahkan berbagai sayuran untuk memberikan nutrisi yang lebih baik. 

    Cara membuatnya pun mudah. Kocok telur dalam mangkuk, lalu tambahkan potongan sayuran ke dalam telur yang sudah dikocok.

    Selanjutnya, tuangkan campuran telur dan sayuran ke dalam wajan yang sudah dipanaskan. Masak dan balik omelette agar matang merata di kedua sisi.

    Advertisement
    Bekal Anak TK

    Ilustrasi menu bekal anak TK.

    4. Capcay

    Capcay merupakan masakan sehat yang mudah dibuat. Makanan ini dipenuhi dengan sayuran berwarna-warni yang menyehatkan tubuh anak-anak. Bahan-bahan yang kamu perlukan adalah wortel, jagung muda, buncis, dan bakso.

    Cara membuatnya pun mudah. Tumis bawang putih dan bawang merah, lalu masukkan bakso. Selanjutnya, masukkan semua sayuran, tumis sebentar hingga layu. Jangan lupa beri bumbu seperti garam, gula, dan saus tiram. 

    5. Roti Panggang Abon

    Roti panggang abon merupakan resep bekal anak TK yang praktis dan lezat. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

    • Roti tawar
    • Keju
    • Abon
    • Margarin
    • Mayones

    Cara membuatnya, potong roti tawar dan keju menjadi empat bagian. Lalu, oleskan mayones pada potongan roti. Selanjutnya, taburkan abon secukupnya di atas mayones.

    Kemudian tutup dengan potongan roti lainnya. Agar lebih enak, panggang roti di atas teflon, dengan sedikit margarin. 

    Baca Juga: 11 Persiapan Sekolah untuk Bantu Anak Hadapi Tantangan Baru

    6. French Fries Ubi Jalar

    Untuk orangtua yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan makanan bekal anak TK selain nasi, ubi jalar bisa menjadi alternatif yang baik.

    Selain direbus atau dipanggang, kamu juga bisa mengolah ubi jalar dengan cara menggorengnya, seperti french fries. Dijamin anak-anak lebih tertarik untuk menyantapnya.

    Advertisement

    Selain enak, french fries ubi jalar juga kaya akan vitamin dan mineral penting seperti vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, serta serat yang bermanfaat bagi sistem pencernaan, dan kalium.

    Kalau ingin lebih sehat, kamu bisa membuat menu bekal ini dengan cara menggorengnya di air fryer, tanpa minyak.

    Sumber: Cookpad

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending