Connect with us

    Politik

    Sabun untuk Scabies, Apa Saja yang Bisa Jadi Pilihan Perawatan?

    Published

    on

    Sabun untuk Scabies

    IndoJurnal – Penyakit scabies atau yang kamu kenal sebagai kudis, adalah kondisi kulit yang disebabkan oleh kehadiran tungau kecil bernama Sarcoptes scabiei. Perawatan kulit dengan kondisi ini memerlukan sabun untuk penyakit scabies.

    Kondisi ini dapat sangat mengganggu dan menimbulkan rasa gatal yang hebat pada kulit. Pengobatan scabies memerlukan langkah-langkah berupa pemakaian produk perawatan tertentu dan perawatan kulit yang tepat.

    Salah satu komponen penting dalam perawatan ini adalah penggunaan sabun khusus untuk membantu mengatasi masalah ini. Dalam artikel ini, kamu bisa mengetahui berbagai pilihan sabun untuk penyakit scabies yang efektif dan cara menggunakannya.

    Sabun untuk Scabies, Ini Rekomendasinya

    1. Sabun Antiskabies

    Sabun antiskabies adalah pilihan utama untuk mengatasi kudis. Produk ini mengandung bahan aktif seperti permetrin atau sulfur, yang dapat membantu membunuh tungau dan meringankan gejala gatal-gatal.

    Kamu dapat dengan mudah menemukan sabun untuk penyakit kudis di apotek atau toko obat. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskannya pada seluruh tubuh saat mandi, lalu bilas hingga bersih.

    Advertisement

    Pastikan untuk mengikuti petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan.

    2. Sabun Sulfur

    Sabun sulfur adalah pilihan lain yang efektif untuk mengobati kudis. Dengan sifat antijamur dan antiparasit, sulfur dapat membantu menghilangkan tungau dan meringankan gatal-gatal.

    Penggunaan sabun sulfur secara teratur dapat membantu mengontrol scabies.

    3. Sabun Kefir

    Kefir adalah minuman fermentasi yang ternyata juga menjadi sabun untuk penyakit scabies secara alami. Kandungan asam laktat dalam kefir dapat membantu membunuh tungau scabies.

    Kamu dapat mengoleskan kefir pada area yang terkena dan biarkan selama beberapa saat sebelum membilasnya. Ini adalah pilihan alami yang dapat dicoba sebagai alternatif sabun khusus.

    Advertisement

    4. Sabun Neem

    Neem, atau Azadirachta indica, adalah tanaman yang dikenal memiliki sifat antiparasit alami. Sabun dengan bahan dasar tersebut mengandung ekstrak daun neem yang dapat membantu mengatasi scabies.

    Penggunaan sabun ini secara teratur saat mandi dapat membantu mengurangi gejala dan membantu menghilangkan tungau.

    BACA JUGA :  Cara Buka Rekening BRI Secara Online Tanpa Datang ke Bank

    5. Sabun Benzyl Benzoate

    Sabun ini mengandung benzyl benzoate, yang merupakan bahan aktif yang efektif dalam membunuh tungau scabies. Dokter dapat meresepkannya sebagai bagian dari perawatan scabies.

    6. Sabun Permethrin

    Sabun ini mengandung permethrin, bahan aktif yang juga efektif dalam membunuh tungau scabies. Dokter dapat meresepkan sabun ini sebagai tambahan dalam perawatan scabies.

    Sabun untuk Scabies

    Ilustrasi sabun. (Freepik)

    Cara Menggunakan Sabun untuk Scabies

    Secara umum, berikut ini rekomendasi penggunaan sabun untuk penyakit scabies:

    1. Bersihkan Tubuh Dengan Lembut:

    Pertama-tama saat mandi, gunakan sabun untuk menyabuni tubuh secara lembut. Hindari menggosok kulit terlalu keras, karena hal ini dapat memperburuk iritasi kulit.

    Advertisement

    2. Perhatikan Area Terkena:

    Selanjutnya, fokus pada area yang paling terkena oleh scabies, seperti lipatan kulit, sela jari, dan daerah genital. Pastikan untuk menyabuni area-area ini dengan baik.

    3. Biarkan Selama Beberapa Menit:

    Kemudian, biarkan sabun bekerja selama beberapa menit sebelum kamu membilasnya. Dengan begitu, kamu memberikan waktu untuk bahan aktif dalam sabun untuk bekerja secara efektif.

    BACA JUGA :  Sinopsis Drama Korea Apple of My Eye, Penuh Kisah Romantis

    4. Bilas dengan Air Hangat:

    Jangan lupa bilas tubuh dengan air hangat untuk menghilangkan sabun sepenuhnya. Pastikan tidak ada sisa sabun yang tertinggal di kulitmu.

    5. Keringkan Dengan Lembut:

    Setelah mandi, keringkan tubuh dengan lembut menggunakan handuk bersih. Hindari menggosok tubuh terlalu keras.

    6. Pakai Baju Bersih:

    Setelah mandi, kenakan pakaian bersih yang telah dicuci dengan baik. Jangan gunakan pakaian yang telah digunakan sebelumnya, karena mungkin terkontaminasi dengan tungau.

    Advertisement

    Selain menggunakan sabun, sangat penting untuk mencuci semua pakaian, seprai, dan handuk dengan air panas untuk mencegah penyebaran scabies.

    Selain itu, konsultasikan dengan dokter untuk pengobatan tambahan yang mungkin mendukung perawatan sebelumnya.

    Tips Perawatan Kulit dengan Scabies

    Sabun dapat menjadi alat yang efektif dalam mengatasi penyakit scabies. Pilihan sabun antiskabies, sabun kefir, sabun neem, dan sabun sulfur semuanya dapat membantu mengatasi kehadiran tungau dan gejala gatal-gatal yang menyertainya.

    Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan sabun dengan teliti dan konsultasikan dengan dokter jika gejalanya tidak membaik. Yang terpenting dengan perawatan yang tepat, kamu dapat mengatasi scabies dan mendapatkan kembali kenyamanan kulitmu.

    Baca Berita IndoJurnal di Google News

    Trending