Connect with us

    Berita

    Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar Meroket, Prabowo Stagnan, Anies Paling Buncit

    Published

    on

    Elektabilitas Ganjar

    IndoJurnal – Lembaga survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbaru elektabilitas bakal calon presiden (capres) Pemilu 2024.

    Direktur Riset SMRC Deni Irvani, memaparkan tren elektabilitas para bakal capres berdasarkan hasil survei tatap muka.

    Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang merupakan bakal capres dari PDI Perjuangan ini tingkat keterpilihannya naik drastis.

    Elektabilitas Ganjar Pranowo naik dari 33,2 persen pada awal April menjadi 39,2 persen di awal Mei 2023.

    Deni menerangkan, jika dalam survei SMRC yang dilakukan pada tanggal 3-11 April 2023, Ganjar baru dikenal 78 persen, diawal Mei ini justru meroket di angka 84 persen.

    Advertisement

    Berbeda dengan dua kandidat bakal calon presiden lainnya yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Elektabilitas Anies misalnya, hanya naik 1 persen jika dibandingkan periode yang sama. Yakni dari angka 86 persen menjadi 87 persen.

    Sementara elektabilitas Prabowo Subianto yang merupakan Ketua Umum Partai Gerindra justru stagnan di angka 96 persen. Deni menyebut, jika Ganjar masih memiliki potensi untuk terus menaikkan elektabilitas.

    “Data ini juga menunjukkan Ganjar masih punya ruang untuk menaikkan dukungan jika kedikenalannya naik,” jelas Deni Irvani dikutip Minggu (14/5/2023).

    BACA JUGA: Singgung Anies Baswedan, Jubir PSI: Berhenti Gunakan Istilah Non-Pribumi!

    Kemudian, merujuk kepada kelompok pemilih yang tahu ketiga capres tersebut, yakni Ganjar, Prabowo dan Anies, hasilnya pun tetap Ganjar.

    Yakni, Ganjar Pranowo mendapatkan dukungan yang cukup signifikan di angka 44,7 persen. Sedangkan Prabowo yang saat ini menjabat Menteri Pertahanan mendapatkan dukungan suara 28, 2 persen.

    Advertisement

    Di posisi terakhir, Anies Baswedan yang merupakan capres yang diusung Partai NasDem, PKS dan Demokrat hanya mendapatkan dukungan suara 21,4 persen.

    BACA JUGA :  Tekan Rugi Kemacetan, Kemenhub Upayakan Transportasi Murah

    “Pada kelompok pemilih yang tahu ketiganya, Ganjar mendapat dukungan 44,7 persen, unggul makin jauh atas Prabowo yang mendapatkan suara 28,2 persen dan Anies 21,4 persen,” tandas Deni.

    BACA JUGA: Dari Masa ke Masa, Pelatih Timnas Indonesia di Ajang SEA Games

    Ganjar Pranowo mendapatkan dukungan dari PDI Perjuangan dan PPP

    Diketahui, Ganjar Pranowo telah dideklarasikan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pada 21 April 2023 lalu.

    Setelah PDIP memberikan tiket untuk Ganjar bertarung di Pilpres 2024, teranyar PPP juga melakukan deklarasi untuk mendukung Ganjar sebagai capres.

    BACA JUGA: Atalia Praratya Gabung Golkar, Ridwan Kamil: Memang Memiliki Kapasitas

    Prabowo yang merupakan Ketua Umum Partai Gerindra juga telah menjalin koalisi dengan PKB. Meskipun belum mendeklarasikan akan maju sebagai capres, tetapi Prabowo berpotensi kuat maju sebagai capres.

    Advertisement

    Sedangkan Anies Baswedan sudah diusung tiga partai politik, yakni NasDem, PKS dan Demokrat yang saat ini tergabung dalam Koalisi Perubahan.

    Follow Berita IndoJurnal di Google News

    Trending